Kompas.com - 22/01/2021, 19:43 WIB
Ilustrasi remaja shutterstockIlustrasi remaja

KOMPAS.com - Hingga saat ini masih banyak orangtua yang beranggapan bahwa membicarakan soal seks kepada anak adalah hal tabu.

Padahal, pembicaraan soal seks terbilang penting agar anak khususnya remaja tidak salah pengertian. Anak remaja yang tidak mendapatkan pengetahuan soal seks biasanya akan mencari tahu sendiri.

Terlebih saat ini sangat mudah mencari informasi lewat internet. Banyaknya informasi bisa membuat anak salah pengertian dan pemahaman tentang seks.

Oleh karenanya, penting bagi orangtua untuk memberikan pendidikan seks kepada anaknya sedini mungkin.

Bila orangtua tidak tahu cara memulai percakapan soal seks, beberapa saran berikut ini bisa membantu.

1. Ingat ini bukan percakapan sulit tetapi proses berkelanjutan

Orangtua harus mengetahui fakta jika anak tumbuh setiap hari. Begitu juga keingintahuannya tentang tubuh dan orang lain.

Jangan alihkan perhatian anak dan hindari subjek saat dia mengajukan pertanyaan. Misalnya percakapan tentang asal usul bayi.

Berikan informasi yang akurat sesuai dengan usia dan cara percakapan anak. Pada anak usia dua tahun, orangtua bisa mengatakan bayi berasal dari rahim ibu.

Ingat untuk selalu menggunakan nama yang tepat sesuai bagian tubuh dan hindari menyebut perut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X