Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2021, 19:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anak-anak dengan diabetes dapat menjalani kehidupan yang menyenangkan, tetapi memerlukan kebutuhan khusus. Hal inilah yang harus diketahui oleh orangtua.

Di Amerika Serikat, penyakit diabetes sangat umum terjadi di kalangan anak-anak. Lebih dari 205.000 anak-anak dan remaja memiliki penyakit diabetes, dan kasusnya terus meningkat.

"Sebagian besar anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun memiliki diabetes tipe 1," kata seorang ahli endokrinologi anak di Rumah Sakit Anak K. Hovnanian, Dr Santhosh Eapen.

Baca juga: Kaitan Obesitas dengan Gairah Seks Menurun, Sudah Tahu?

"Kondisi itu terjadi ketika tubuh anak-anak tersebut berhenti membuat hormon insulin," ujar dia dalam rilis berita Hackensack Meridian Health.

Jumlah anak-anak dan remaja AS dengan diabetes tipe 2 meningkat 30 persen antara tahun 2001-2009, dengan kasus tumbuh di kalangan remaja berusia 10 tahun ke atas.

"Dengan diabetes tipe 2, tubuh memproduksi insulin tetapi tidak menggunakannya dengan benar," ungkap dia.

Gejala-gejalanya

Gejala pertama diabetes tipe 1 antara lain penurunan berat badan, kelelahan, penglihatan buram, dan sering buang air kecil.

Sementara itu, gejala diabetes tipe 2 awal dapat menyerupai gejala tipe 1. Tetapi kadang-kadang pasien dengan diabetes tipe 2 tidak memiliki tanda-tanda.

Faktor risiko diabetes tipe 2 karena tidak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup, kelebihan berat badan, dan memiliki riwayat keluarga diabetes.

Skrining dini dapat memungkinkan perawatan dimulai dan mencegah atau menunda masalah terkait diabetes.

Baca juga: Jangan Kebanyakan Duduk, Diabetes Mengintai

Anak-anak dengan diabetes membutuhkan perawatan dari spesialis kesehatan yang berbeda. Seorang anak dapat pergi ke dokter, ahli diabetes, ahli diet, dan psikolog.

"Anak-anak dengan diabetes akan membutuhkan tindak lanjut rutin dengan tim perawatan kesehatan mereka. Interval khas untuk kunjungan adalah setiap tiga bulan," ujar dia.

Pentingnya aktivitas fisik

Aktivitas fisik penting karena membantu insulin bekerja lebih baik dan membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com