Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Terapi Musik Menurunkan Kelelahan pada Pasien Kanker

Kompas.com - 25/01/2021, 13:17 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fitriana Ega, Monty P Satiadarma, dan Arlends Chris

JUMLAH kasus kanker di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahun. Berdasarkan data WHO pada 2018, terdapat 348.809 kasus kanker baru di Tanah Air.

Seseorang yang terdiagnosis kanker harus menjalani proses terapi yang dapat memakan waktu lama dan biaya yang tinggi.

Pengobatan untuk kanker yang biasanya dilakukan oleh seseorang adalah operasi, radioterapi, kemoterapi, imunoterapi, dan terapi gen (National Cancer Institute, 2017).

Pengobatan yang dilakukan untuk menyembuhkan kanker dapat menimbulkan kelelahan, baik dalam bentuk fisik dan juga emosional.

Sebanyak 70-100 persen dari pasien kanker akan merasa kelelahan karena pengobatan yang dijalani (Alcantara-Silva et al, 2018).

Secara fisik, kelelahan dapat dirasakan oleh pasien akibat efek samping dari pengobatan, seperti mual, pusing, dan sakit.

Baca juga: Selama Pandemi Covid-19 di Asia, Kunjungan Pasien Kanker ke Layanan Kesehatan Menurun

Adapun lelah secara emosional seperti kekhawatiran karena biaya, pengobatan, dan juga stres dapat memberikan efek kelelahan pada pasien.

Tidak semangat berobat

Menurut Rao dan Cohen (2008) kelelahan yang dirasakan oleh pasien kanker dapat berlangsung setiap harinya selama 2 minggu sampai 1 bulan.

Kelelahan tersebut juga dapat menghilangkan rasa semangat untuk menjalani pengobatan. Selain itu tenaga dari pasien tersebut juga akan terpengaruhi.

Hilangnya semangat dan tenaga dapat membuat pasien tidak melanjutkan pengobatan sehingga memengaruhi kesembuhannya.

 

Salah satu ciri pasien kanker mengalami kelelahan adalah kesulitan untuk beristirahat. Pasien yang kurang beristirahat dapat mengganggu pengobatan dan pemulihan diri dari pasien tersebut.

Baca juga: 3 Tips Jaga Kesehatan Pasien Kanker di Tengah Pandemi Corona

Biasanya pasien akan kesulitan untuk beristirahat selain karena pengobatan dapat juga dikarenakan efek samping yang diberikan dari pengobatan tersebut, seperti mual, pusing, dan sakit yang dirasakan.

Ilustrasi bermain pianoshutterstock Ilustrasi bermain piano

Aktivitas musik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com