Kompas.com - 25/01/2021, 15:15 WIB
 Ilustrasi anak sedang belajar. SHUTTERSTOCK Ilustrasi anak sedang belajar.

KOMPAS.com - Anak-anak mungkin merupakan kelompok usia yang tidak rentan mengalami infeksi Covid-19 parah atau tidak menunjukkan gejala.

Meski begitu, orangtua harus tetap waspada agar si kecil tidak terinfeksi virus ini.

Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekaligus pakar penyakit menular Maria Van Kerkhove menjelaskan tentang beberapa gejala Covid-19 pada anak yang perlu diwaspadai orangtua.

Menurutnya, kebanyakan orang yang terinfeksi virus corona akan mengelami gejala pernapasan, demam, batuk, sakit tenggorokan, hingga perasaan tidak enak badan.

Sementara beberapa orang lainnya mungkin mengalami masalah pencernaan serta kehilangan kemampuan indera penciuman dan pengecap.

Namun, anak-anak yang terinfeksi virus corona mungkin tidak membangun gejala sebanyak orang dewasa.

Misalnya, beberapa anak mungkin mengalami gejala masalah pencernaan, seperti diare atau muntah, tetapi cenderung lebih ringan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Terutama pada anak-anak yang masih sangat kecil, (gejala) mereka cenderung lebih ringan, yang berarti gejala mereka tidak sebanyak orang dewasa," ungkap Maria dalam sebuah episode Science 5 di laman resmi WHO.

Baca juga: 5 Langkah untuk Kebugaran agar Lebih Kuat dari Infeksi Covid-19

Lalu, apakah varian virus corona yang beberapa waktu lalu muncul di Inggris berdampak pada virus ini, termasuk pada anak?

Maria mengatakan, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendalami virus varian baru tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X