Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Terlambat Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Kompas.com - 25/01/2021, 16:27 WIB
Roderick Adrian Mozes,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup yang ramah lingkungan atau sustainable living.

Walaupun terasa berat karena harus mengubah kebiasaan lama yang sudah berlangsung, namun memulai sustainable living bisa dilakukan mulai saat ini.

Seperti yang dilakukan oleh Olivia Leanartha seorang model dan environmentalist yang sudah memulai gaya hidup ramah lingkungan dalam tiga tahun terakhir.

"Memulai sustainable living itu awalnya dari satu momen ketika saya sedang berlibur ke pantai dan di pantai itu banyak sampah berserakan."

"Sampah itu sebagian besar datang dari laut, jadi ketika ombak mencapai bibir pantai, lalu airnya kembali ke laut, pantai jadi penuh dengan sampah", kata Olivia saat menjadi narasumber di program Kind of Talks di live Instagram @my.kindoflife, Kamis (21/1/2021).

Menurut Olivia tidak ada kata terlambat untuk memulai sustainable living. Misalnya dari hal sederhana seperti tidak menggunakan kantong plastik saat berbelanja, atau memilih produk-produk yang menggunakan bahan organik sehingga tidak mencemari lingkungan.

"Selain itu saya juga memilih produk yang kemasannya sudah menggunakan kemasan daur ulang, sehingga membantu mengurangi penggunaan kemasan yang tidak ramah lingkungan," kata Olivia.

Menurut Olivia penerapan sustainable living secara langsung membantu proses pengurangan limbah.

"Dulu saya biasanya menggunakan kapas banyak sekali untuk membersihkan make-up di wajah, dan ternyata itu menjadi limbah. Apalagi kapas merupakan produk sekali pakai. Sekarang saya lebih memilih membersihkan make-up dengan tangan atau dengan kain yang bisa dipakai ulang," kata Olivia.

Pilih-pilih produsen

Saat ini, menurut Olivia, banyak produsen yang mulai menerapkan sustainable living di produk-produknya.

Ada yang membuat shampo berbentuk batangan, sehingga tidak memerlukan wadah plastik. Ada juga produsen yang membuat program menerima kembali sisa kemasan produk mereka untuk didaur ulang kembali.

Ilustrasi produk kecantikan ramah lingkunganSHUTTERSTOCK.com/SYDA PRODUCTIONS Ilustrasi produk kecantikan ramah lingkungan

"Bahkan, ada produk shampo yang busanya cepat hilang, sehingga tidak perlu lama membilas dan itu membantu kita untuk menghemat air", kata Olivia.

Keberadaan produsen-produsen yang mau menerapkan sustainable living ini memudahkan orang-orang yang ingin memulai gaya hidup ramah lingkungan.

"Kita tinggal memilih produk-produk ramah lingkungan dan mulai konsisten dengan gaya hidup tersebut", jelas Olivia.

Mau tahu obrolan tentang Sustainable Living bersama Olivia Leanartha? Yuk lihat selengkapnya di Instagram @my.kindoflife.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kind of Life (@my.kindoflife)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com