Kompas.com - 25/01/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Memiliki kulit wajah yang cerah adalah impian banyak orang. Tapi tentu untuk mendapatkannya perlu usaha terutama dari segi perawatan kulit dan gaya hidup.

Rutinitas perawatan dan gaya hidup yang tepat dapat memperbaiki tampilan kulit wajah, terutama untuk menyamarkan noda kehitaman akibat bekas jerawat atau paparan sinar ultraviolet. Kuncinya adalah rutin melakukannya.

Berikut langkah perawatan kulit wajah yang tepat.

1. Ketahui jenis kulit

Mengetahui jenis kulit sangat penting agar bisa memilih produk perawatan dan riasan yang tepat. Setidaknya ada empat lima kulit wajah yakni kering, berminyak, kombinasi, normal dan sensitif.

Ciri kulit kering adalah terasa kencang, bersisik, dan kering. Kemudian kulit berminyak ditandai dengan T-zone yang berminyak dan wajah terlihat berkilau.

Sedangkan kulit kombinasi cirinya T-zone berminyak tapi area pipi dan rahang kering. Lalu kulit normal biasanya tidak terlalu berminyak atau terlalu kering.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terakhir untuk kulit sensitif ditandai dengan mudah berubah menjadi merah, meradang, serta gatal.

Baca juga: Kulit Sensitif Jangan Asal Pakai Skin Care, Simak Tipsnya

2. Rutin melakukan CTM

CTM adalah singkatan dari cleansing, toning, dan moisturizing atau membersihkan wajah, memakai toner, dan memakai pelembap.

Halaman:


Sumber stylecraze
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X