Catnip Melindungi Kucing dari Nyamuk, Benarkah?

Kompas.com - 25/01/2021, 18:08 WIB
Ilustrasi tanaman catnip krblokhinIlustrasi tanaman catnip

KOMPAS.com - Sebagian besar kucing rumahan tidak akan bisa diam jika sudah diberi mainan yang disukainya, seperti tanaman catnip.

Namun selain dijadikan mainan bagi kucing, rupanya tanaman yang bernama ilmiah Nepeta cataria ini mempunyai manfaat lain lho.

Dari sebuah studi, ditemukan bahwa tanaman catnip dan silver vine (Actinidia polygama) bisa membantu hewan berkumis yang lucu ini terhindar dari serangga. Studi itu diterbitkan di jurnal Science Advances.

Para peneliti mengungkap, bagian dari tanaman catnip dan silver vine yang menempel di bulu kucing mampu melindungi kucing dari nyamuk atau parasit, seperti dilaporkan Daily Mail.

Baca juga: Anak Autisme Disarankan Memelihara Kucing

Guna membuktikan teori yang ada, peneliti melakukan uji coba pada 25 kucing laboratorium, 30 kucing liar, dan kucing berukuran lebih besar seperti macan tutul Amur, dua jaguar, dan dua lynx Eurasia.

Peneliti juga mencari tahu bagaimana seluruh kucing yang diteliti menanggapi tanaman catnip dan silver vine.

"Kucing rumahan dan kucing lain mengusap wajah dan kepalanya pada catnip dan silver vine dan berguling di tanah," tulis para peneliti.

Tim peneliti kemudian menjelaskan, tumbuhan catnip dan silver vine mampu mencegah nyamuk karena kandungan bahan nepetalactol yang ada pada dua tumbuhan tersebut menempel di bulu kucing.

Baca juga: 9 Hal yang Bisa Dicoba untuk Mengusir Nyamuk

Nepetalactol adalah senyawa bioaktif untuk enzim iridoid oxidase yang menghasilkan asam 7-deoxyloganetic.

Peneliti juga menghitung jumlah nyamuk yang hinggap di kepala kucing saat kucing terpapar nepetalactol atau tidak.

"Kami membandingkan reaksi nyamuk antara kucing yang merespons daun silver vine dan yang tidak," kata Masao Miyazaki, profesor di Iwate University dan penulis studi.

"Nyamuk menghindari kucing yang responsif terhadap daun silver vine."

"Dari hasil ini, kami menemukan reaksi kucing pada tanaman silver vine adalah pertahanan kimiawi melawan nyamuk, dan mungkin juga virus dan serangga parasit. Ini temuan paling signifikan dari penelitian kami."

Baca juga: 4 Alasan Kucing Sangat Senang Bermain dengan Sepatu




Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X