Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2021, 08:53 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS, Dr Anthony Fauci setuju dengan ide sejumlah orang yang menggunakan dua buah masker sekaligus.

Ini salah satunya terlihat pada pelantikan Presiden Joe Biden beberapa waktu lalu. Saat itu, beberapa orang terlihat melapisi ganda masker merek, termasuk menggunakan dua buah, untuk perlindungan lebih

Menurut Fauci, menggunakan masker adalah ide yang baik, terutama untuk mencegah varian baru Covid-19 yang lebih mudah menular.

Adapun varian baru tersebut pertama kali diidentifikasi di Inggris.

"Jika Anda menggunakan masker dan melapisinya lagi, maka masuk akal jika itu bisa lebih efektif."

"Itulah alasannya beberapa orang menggunakan dua masker atau melapisi dengan N95," katanya dalam TODAY NBC News, seperti dilansir Insider.

Baca juga: Demi Cegah Covid-19 Lebih Maksimal, Perlukah Pakai 2 Masker Sekaligus?

Namun, tipe masker juga menjadi penting dan memengaruhi perlindungan yang ditawarkannya.

Misalnya, menggunakan masker bedah atau N95 sebagai pelapis luar.

Opsi lainnya adalah menggunakan masker kain dua lapis pada bagian luar dan masker bedah sekali pakai pada bagian dalam, alih-alih menggunakan dua masker selapis.

Tiga lapisan masker yang digunakan masing-masingnya menawarkan perlindungan yang berbeda.

Laisan terluar untuk melindungi kita dari cipratan dan tetesan (droplet), lapisan tengah sebagai penyaring dan lapisan paling dalam untuk menyerap tetesan dari mulut kita, seperti air liur dan keringat.

Opsi lainnya yang juga bisa dicoba adalah menggunakan masker kain dua lapis dan mengenakan face shield untuk pelindung terluar, meskipun beberapa bukti ilmiah mengatakan bahwa masker lebih melindungi daripada face shield.

Namun, terlepas dari berapa lapis masker yang kita gunakan, kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan lainnya dengan ketat.

Selain menggunakan masker yang tepat, pastikan kamu juga mempraktikkan jaga jarak sosial, mencuci tangan secara rutin dan menghindari kerumunan, terutama di dalam ruangan.

Baca juga: Menurut CDC, Jangan Pakai 6 Jenis Masker Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com