Kompas.com - 26/01/2021, 10:39 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Bekerja dari rumah selama masa pandemi Covid-19 tentu bisa mendatangkan keuntungan dan kemudahan bagi kita.

Namun, ada baiknya kita juga waspada. Sebab, keberadaan kita di rumah bisa menimbulkan beberapa kebiasaan buruk. Salah satunya, ngemil sepanjang hari.

Baca juga: Mindful Eating Kunci Sukses Diet, Pahami Cara Melakukannya...

Selama pandemi, kita tentu bisa mengamati peningkatan jumlah orang yang mengalami kenaikan berat badan. Misalnya, dari unggahan di media sosial, atau pun grup-grup keluarga.

Nah, demi mengatasi kebiasaan buruk ini, para dokter di Cleveland Clinic menekankan pentingnya kita mempraktikkan pola makan yang sadar (mindful eating).

Ada setidaknya tiga tips yang bisa kita lakukan untuk memulai praktik tersebut.

Makan sambil duduk. Penelitian menunjukkan orang akan makan lima persen lebih sedikit saat mereka makan dengan duduk di meja makan yang sebenarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mindful Eating, Rahasia Diet Sukses Tanpa Harus Kelaparan

Kunyah perlahan. Artinya, luangkan waktu untuk nikmati setiap gigitan.

Lalu, tips terakhir adalah segera hentikan apa yang telah kita lakukan. Mungkin lebih mudah makan sambil bekerja, tetapi itu harus dihindari.

"Masuk akal semua alasan yang melandasi kita makan tak terkontrol," kata Dr. Susan Albers, dari Klinik Cleveland.

"Bayangkan, kita hanya beberapa langkah dari dapur, dan tidak hanya itu, kita di rumah dan merasa stres, bosan, dan kesepian."

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Kebiasaan Mindful Eating

"Jadi, kondisi semacam ini adalah peningkatan pola makan secara emosional, stres makan, dan banyak ngemil sembarangan," ungkap dia.

Tips lainnya, kata Susan, pastikan kita benar-benar lapar -tidak karena bosan atau stres, sebelum menyantap camilan lagi.

Selamat mencoba...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber wnyt.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.