Kompas.com - 26/01/2021, 12:17 WIB
Ilustrasi Underground Shopping Mall di Korea Selatan Patcharakorn Pemwattana / Shutterstock.comIlustrasi Underground Shopping Mall di Korea Selatan

KOMPAS.com - Sebagian besar tujuan hidup seperti membeli rumah, menikah, atau liburan ke destinasi impian, dapat dilakukan jika kita mempunyai fondasi finansial yang kuat.

Sayangnya, kebanyakan orang tak kuat menahan godaan belanja. Semakin besar penghasilan, makin besar pula pengeluarannya.

Karena merasa penghasilan lebih besar, kita pun ingin mencoba semua hal yang selama ini kita inginkan. Beli gadget terbaru, makan di luar setiap minggu, atau ingin pindah ke apartemen le

Pada akhirnya kita mengeluarkan banyak uang. Gaya hidup baru ini terasa  menyenangkan dan penting sehingga tanpa sadar pos pengeluaran untuk biaya gaya hidup menjadi bengkak.

Kondisi ini bisa disebut inflasi gaya hidup, yang jika tidak segera diubah bisa menggagalkan perencanaan keuangan untuk masa depan.

Baca juga: 5 Strategi Mengatur Keuangan Hadapi Tantangan Ekonomi di Masa Pandemi

Definisi inflasi gaya hidup

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lifestyle creep atau juga disebut inflasi gaya hidup adalah kondisi di mana biaya hidup dan pengeluaran non-esensial tumbuh seiring meningkatnya pendapatan.

Inflasi gaya hidup dapat membuat aktivitas atau barang tertentu tampak mewah ketika kita masih memiliki pendapatan atau standar hidup yang lebih rendah.

Sederhananya, gaya hidup dan standar hidup seseorang naik ke tingkat yang sulit dipertahankan.

Dalam kasus gaya hidup yang buruk, pengeluaran yang tidak perlu ini bisa membuat tabungan terkuras.

Baca juga: Tahun Baru, Saatnya Perbaiki Cara Atur Keuangan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.