Kompas.com - 27/01/2021, 08:33 WIB
Menggunakan masker di masa adaptasi baru Covid-19 bisa memicu munculnya jerawat Shutterstock/AslysunMenggunakan masker di masa adaptasi baru Covid-19 bisa memicu munculnya jerawat

KOMPAS.com - Produk perawatan tertentu memang membantu menghilangkan jerawat di tingkat topikal. Namun, tidak semua jerawat disebabkan oleh kulit berminyak dan pori-pori yang tersumbat.

Jerawat di area tertentu dapat menunjukkan masalah kesehatan atau gaya hidup. Jerawat tersebut baru bisa hilang apabila masalahnya teratasi.

Untuk mendiagnosis dan memberi pengobatan terbaik bagi jerawat, dokter kulit biasanya melakukan pemetaan wajah.

"Pemetaan wajah jerawat yakni membagi wajah menjadi beberapa zona yang sesuai dengan pemicu medis atau gaya hidup tertentu,” kata Claire Chang, MD, dokter kulit di New York City kepada Real Simple.

Pemetaan wajah telah dipraktikkan selama ribuan tahun yang berasal dari Timur kuno. Teknik ini menunjukkan kulit seseorang mungkin merupakan cerminan dari kesehatan batinnya.

Ketidakseimbangan tubuh dianggap memicu munculnya jerawat di kulit dengan area tertentu di wajah mewakili organ tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 8 Cara Ampuh Hilangkan Jerawat di Punggung

Menurut Chang, pemetaan wajah dapat membantu menunjukkan beberapa kemungkinan pemicu jerawat. Tapi tidak ada aturan umum yang berlaku untuk semua orang. Dengan kata lain sifatnya individual.

"Genetika, hormon, diet, gaya hidup, dan lingkungan juga memainkan peran kunci dalam memicu jerawar," ujar Chang.

Jika jerawat selalu muncul di tempat yang sama di wajah, maka cobalah melakukan pemetaan wajah untuk mencari tahu masalah utamanya. Berikut ulasannya.

Baca juga: Selain Hormon, Ini 6 Penyebab Jerawat Muncul

1. Dahi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.