Kompas.com - 27/01/2021, 11:44 WIB
Ilustrasi makanan yang menjadi sumber vitamin D. iSTOCK/yulka3iceIlustrasi makanan yang menjadi sumber vitamin D.

KOMPAS.com - Vitamin D menjadi salah satu vitamin yang penting untuk tubuh. Vitamin ini akan membantu tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan yang akan melindungi kita dari virus dan penyakit.

Vitamin D biasanya kita dapatkan dengan berjemur di bawah sinar matahari. Namun sebenarnya ada cara lain untuk memberikan vitamin D pada tubuh yakni dari makanan.

Asupan vitamin D yang direkomendasikan dalam makanan adalah 600 hingga 800 IU per hari untuk orang dewasa, meskipun beberapa ahli percaya bahwa persyaratan tersebut harus ditingkatkan.

Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kadar vitamin D pada tubuh, diantaranya:

1. Pastikan paparan sinar matahari yang memadai

Paparan sinar matahari adalah kunci tubuh untuk mensintesis vitamin D. Namun ingatlah untuk tetap menggunakan tabir surya guna melindungi kulit dari pengaruh sinar UV matahari yang berbahaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Waktu Berjemur yang Baik di Bawah Sinar Matahari

2. Konsumsi suplemen vitamin D

Suplementasi apa pun harus didiskusikan dengan dokter sebelum memulai rajin mengonsumsinya. Pilih vitamin D dalam bentuk D3, dan bukan bentuk D2 jika memungkinkan.

3. Makan makanan kaya vitamin D

Meskipun daftar makanan yang mengandung vitamin D tidak terlalu banyak, kamu masih memiliki beberapa pilihan, dari ikan dan beberapa sayuran, hingga makanan yang diperkaya susu.

Baca juga: Perhatikan, Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X