Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2021, 19:16 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak semua orang mampu mengungkapkan rasa kasih sayang terhadap orang yang dicintainya, termasuk pasangan hidupnya sendiri.

Apalagi, sebagian besar masyarakat di Indonesia cenderung tak terbiasa dengan budaya untuk saling mengungkapkan rasa sayang, entah mungkin karena canggung atau pun gengsi.

Nah, belum lama ini brand cokelat Cadbury berkolaborasi dengan Rumah Konsultasi Psikologi TigaGenerasi untuk melakukan survei mengenai ungkapan kasih sayang.

Baca juga: 6 Cara Kembalikan Kepercayaan Pasangan Setelah Ketahuan Berbohong

Hasilnya, sebanyak 63 persen responden masih merasa sulit untuk mengungkapkan perasaan mereka.

Bahkan, sebanyak 45 persen responden memilih untuk tidak mengungkapkan isi hatinya kepada pasangan.

"Mengungkapkan rasa kasih sayang itu adalah salah satu bagian penting dari komunikasi dengan pasangan."

Demikian penuturan psikolog sekaligus co-founder TigaGenerasi, Saskhya Aulia Prima, MPsi dalam konferensi pers virtual bersama Cadbury melalui aplikasi Zoom, Rabu (27/1/2021).

Selain itu, kata Saskhya, mengungkapkan perasaan juga sangat membantu untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman, sehingga membantu mengurangi stres.

Hanya saja, dari segi cara penyampaiannya terdapat perbedaan dalam mengungkapkan rasa sayang, tergantung masing-masing individu.

"Alasan yang sering membuat pasangan merasa malu atau gengsi dalam mengungkapkan perasaan karena takut akan penolakan dan respons yang tidak sesuai harapan," kata dia.

Baca juga: 5 Kata yang Bikin Komunikasi dengan Pasangan Memburuk

"Kita mungkin berpikir jika pasangan bisa membaca pikiran, dan juga tidak terbiasa secara budaya untuk mengungkapkan rasa kasih sayang," sambung dia.

Penulis buku "Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini", Marchella FP menambahkan, mengungkapkan kasih sayang penting untuk menghangatkan suatu hubungan.

"Rasa itu seperti tanaman, harus dirawat dan dijaga. Ketika belum menikah, mengungkapkan perasaan lewat kata-kata mungkin bisa lebih sering terjadi," kata dia.

Namun, dia melanjutkan, saat sudah menikah, beberapa orang terkadang mulai merasa terbiasa dengan kehadiran pasangan. Meski demikian, mengungkapkan kasih sayang dengan kata-kata tetaplah dibutuhkan.

Ungkapan hati Cadbury

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com