Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Aroma Ini Bantu Atasi Susah Tidur di Malam Hari

Kompas.com - Diperbarui 02/09/2021, 21:39 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Susah tidur di malam hari adalah masalah yang dialami oleh banyak orang.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menciptakan lingkungan yang mendukung untuk tenang dan tertidur.

Misalnya, mematikan lampu kamar, mengatur suhu ruangan agar terasa sejuk, tidur di tempat yang hening, latihan pernapasan, mematikan ponsel, dan lainnya.

Namun, cara lain yang juga bisa kita lakukan ketika memiliki masalah susah tidur di malam hari adalah dengan mencium aroma-aroma tertentu.

Faktanya, menurut para pakar aromaterapi, memang ada beberapa aroma yang bisa membantu kita tidur lebih nyenyak dan rileks.

Berikut beberapa aroma untuk membantumu tidur lebih cepat di malam hari, seperti dihimpun dari sejumlah sumber:

1. Lavender

Lavender dapat membagikan molekul yang dapat membuat tubuh rileks dan pikiran lebih tenang sehingga membantu mengatasi masalah susah tidur.SHUTTERSTOCK Lavender dapat membagikan molekul yang dapat membuat tubuh rileks dan pikiran lebih tenang sehingga membantu mengatasi masalah susah tidur.

Kekuatan aroma lavender memang terkenal mampu membantu orang untuk tidur nyenyak.

Aroma ini membagikan molekul yang dapat membuat tubuh rileks dan pikiran lebih tenang sehingga bisa membantu mengatasi masalah susah tidur.

Aroma lavender juga mendukung pernapasan kita. Artinya, dapat membantu kita bernapas lebih dalam dan tenang.

Kondisi itu dapat dijadikan salah satu cara cepat tidur yang bisa kita coba.

Selain menyebarkan aroma minyak esensial lavender, kita juga bisa mendapatkan manfaat lavender dengan cara lain seperti membeli semprotan bantal aroma lavender, minum teh lavender, hingga mandi dengan produk-produk beraroma lavender.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Esensial Lavender untuk Redakan Kecemasan

2. Mawar

Aroma mawar dapar secara alami memberikan efek menenangkan dan membantu menurunkan tingkat stres sehingga dapat membantu mengatasi masalah susah tidur.PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Aroma mawar dapar secara alami memberikan efek menenangkan dan membantu menurunkan tingkat stres sehingga dapat membantu mengatasi masalah susah tidur.

Penelitian mengungkapkan bahwa aroma mawar dapar secara alami memberikan efek menenangkan dan membantu menurunkan tingkat stres.

Penelitian juga menemukan bahwa aroma ini bisa meningkatkan kemampuan belajar ketika kita tidur.

Jadi, jika kita punya jadwal presentasi kerja di keesokan harinya, meletakkan buket bunga mawar di samping tempat tidur atau menghirup aroma bunga mawar saat tidur diyakini bisa membantu otak menyerap materi lebih mudah sekaligus menenangkan saraf ketika tidur.

Tentunya, aroma mawar juga bisa membantu mengatasi masalah susah tidur dan dapat menjadi salah satu cara cepat tidur.

Baca juga: Manfaat Minum Teh Mawar, Tak Kalah Harum dari Bunganya

3. Chamomile

Aroma chamomile cukup kuat untuk membantu menenangkan pikiran dan tubuh sehingga menjadi salah satu cara cepat tidur yang dapat kita coba.UNSPLASH/CAROLYN V Aroma chamomile cukup kuat untuk membantu menenangkan pikiran dan tubuh sehingga menjadi salah satu cara cepat tidur yang dapat kita coba.

Aroma chamomile cukup kuat untuk membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Inilah yang menjelaskan mengapa teh chamomile sangat cocok untuk diminum sebelum tidur.

Chamomil memiliki sifat anti-peradangan dan anti-spasmodik, jadi akan sangat membantu menenangkan sistem saraf, terutama ketika kita sedang stres.

Pada akhirnya, kondisi tenang dapat membantu kita mendapatkan tidur nyenyak.

Baca juga: Benarkah Teh Chamomile Efektif Membantu Kita Tidur?

4. Vanila

Aroma vanila terkenal manjur untuk memberikan efek menenangkan. Cobalah meletakkan difuser beraroma vanila di sebelah tempat tidur.PEXELS/PIXABAY Aroma vanila terkenal manjur untuk memberikan efek menenangkan. Cobalah meletakkan difuser beraroma vanila di sebelah tempat tidur.

Aroma vanila terkenal manjur untuk memberikan efek menenangkan. Kita juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan meletakkan difuser beraroma vanila atau menggunakan minyak esensial beraroma vanila untuk membantu mengatasi susah tidur.

Bahkan, seseorang yang mencium aroma vanila saat menyelesaikan tes stres memiliki denyut jantung yang lebih stabil dan angka tekanan darah yang lebih baik daripada orang-orang yang menjalani tes stres di ruangan tanpa pengharum beraroma vanila.

Baca juga: Aroma Vanila hingga Cokelat Kini Jadi Wewangian Favorit

5. Melati

Menghirup aroma melati saat tidur diyakini dapat membantu mendapatkan efisiensi tidur yang lebih baik, pergerakan yang lebih sedikit selama tidur, hingga kualitas tidur yang lebih baik secara keseluruhan.PEXELS/ANNA TIS Menghirup aroma melati saat tidur diyakini dapat membantu mendapatkan efisiensi tidur yang lebih baik, pergerakan yang lebih sedikit selama tidur, hingga kualitas tidur yang lebih baik secara keseluruhan.

Meletakkan beberapa kelopak bunga melati yang lembut dan beraroma manis ini di kamar tidur bisa memberikan kita efek mengejutkan sebagai salah satu cara cepat tidur.

Seseorang yang menghirup aroma melati saat tidur diyakini mengalami efisiensi tidur yang lebih baik, pergerakan yang lebih sedikit selama tidur, hingga kualitas tidur yang lebih baik secara keseluruhan.

Bahkan, aroma ini disebut memiliki efek yang lebih kuat daripada lavender.

Baca juga: Percantik Rumah dengan Tanaman Bunga Melati

6. Aroma yang disukai

Salah satu cara cepat tidur adalah dengan membawa aroma kesukaan ke dalam kamar tidur.PEXELS/ANDREA PIACQUADIO Salah satu cara cepat tidur adalah dengan membawa aroma kesukaan ke dalam kamar tidur.

Terlepas dari jenis aroma yang diyakini dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran, mencium aroma yang membuat seseorang bahagia juga bisa membantu mengatasi masalah susah tidur.

Sistem penciuman kita terkait secara langsung dengan pusat emosi di otak.

Jadi, ketika kita mencium sesuatu yang mengembalikan ingatan positif atau membuat kita merasa bersemangat, tubuh akan melepaskan bahan kimia yang membuat kita merasa nyaman dan tenang.

Kondisi itu tentunya dapat meningkatkan kemungkinan untuk tertidur.

Mencium aroma khas pasangan juga bisa membuat kita tertidur lebih cepat, lho.

Dalam studi yang diterbitkan melalui Psychological Science, sebanyak 155 peserta menghabiskan dua malam dengan aroma pasangan mereka dan dua malam dengan aroma yang dikontrol.

Hasilnya, tidur dengan aroma pasangan dapat meningkatkan efisiensi tidur rata-rata lebih dari 2 persen.

Ini sama dengan efek melatonin pada aktivitas tidur itu sendiri.

Jika kamu jauh dari pasangan, tidur bersama pakaian pasanganmu juga bisa membantu tidur lebih nyenyak.

Baca juga: Hirup 8 Aroma Ini, Kamu Bisa Lebih Bahagia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com