4 Fakta Seragam Awak Kabin Garuda Indonesia Rancangan Didiet Maulana

Kompas.com - 28/01/2021, 06:17 WIB
Seragam awak kabin Garuda Indonesia rancangan Didiet Maulana. Desain ini kembali dihadirkan pada perayaan HUT ke-72 Garuda Indonesia, Selasa (26/01/2021). DOK IKAT INDONESIASeragam awak kabin Garuda Indonesia rancangan Didiet Maulana. Desain ini kembali dihadirkan pada perayaan HUT ke-72 Garuda Indonesia, Selasa (26/01/2021).

KOMPAS.com - Maskapai Garuda Indonesia baru saja merayakan hari jadi yang ke-72 pada 26 Januari 2021.

Salah satu hal yang hadir pada momen tersebut adalah ditampilkannya kembali seragam awak kabin edisi spesial yang dirancang oleh desainer Didiet Maulana bersama tim Ikat Indonesia pada 2019.

Desain bertajuk Puspa Nusantara itu dirancang untuk dikenakan oleh pramugari dan pramugara Garuda Indonesia.

"Seragam ini kembali dipakai pada HUT ke-72 kemarin dan mudah-mudahan ada kejutan-kejutan menarik lainnya di depan. Doakan saja," kata Didiet kepada Kompas.com, Selasa (27/01/2021).

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai desain khusus ini, ketahui empat fakta berikut:

1. Menggunakan tenun endek Beli dan lurik Klaten
Koleksi yang digunakan perdana pada penerbangan Jakarta-Denpasar pada Oktober 2019 lalu itu menggunakan kain tenun endek Bali dan kombinasi lurik Klaten.

Menurut Didiet dalam salah satu unggahannya di Instagram, pilihan kain tersebut diambil untuk membuat tampilan seragam sarat akan makna keberagaman.

Pada pramugari, atasan seragam didominasi warna ungu dengan kepak garuda menginspirasi model lengannya, berpadu dengan kerah kartini dan kebaya pendek peranakan.

Untuk membuat koleksi ini, Didiet turut melibatkan para pengrajin di daerah yang jumlahnya mencapai 50 pengrajin.

Baca juga: Cantiknya Pramugari Garuda Indonesia Pakai Rancangan Didiet Maulana

2. Alasan memilih warna ungu
Didiet mengungkapkan, sebetulnya tidak ada alasan spesifik mengapa dirinya memilih warna ungu untuk seragam pramugari Garuda Indonesia ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X