Kompas.com - 28/01/2021, 18:12 WIB
Ilustrasi latihan kekuatan shutterstockIlustrasi latihan kekuatan

KOMPAS.com— Metabolisme sering dikaitkan dengan berhasilnya program penurunan badan. Semakin baik metabolisme tubuh seseorang, maka program penurunan badan akan cepat berhasil.

Untuk meningkatkan metabolisme, olahraga rutin jelas merupakan pilihan terbaik. Namun selain itu, ada beberapa cara lain yang juga alami yang bisa mempercepat proses metabolisme tubuh.

1. Lakukan latihan HIIT (High-intensity interval training) atau latihan intensitas tinggi

Mengapa kamu harus mencoba latihan HIIT? Pertama, latihan ini akan meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lama setelah selesai sesi latihan.

Selain itu, latihan HIIT merupakan latihan yang bisa dilakukan di mana saja dan menggunakan alat apapun yang bisa ditemukan, termasuk menggunakan berat badanmu sendiri.

Untuk kamu yang berlatih di pusat kebugaran, HIIT bisa dilakukan dengan treadmill, elliptical trainer, atau mesin dayung.

Sementara bagi kamu yang menjalani latihan di rumah, cukup ikuti instruksi di Youtube atau aplikasi latihan yang kamu bisa download di ponsel pintar. Apapun pilihanmu, cobalah melakukan latihan HIIT di pagi hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Melihat Pro-Kontra soal Model Latihan Interval Intensitas Tinggi

2. Makanan pedas

Capsaicin, bahan kimia yang memberi rasa pedas pada cabai, disebut mampu membantu membakar lebih banyak kalori dan juga mengurangi risiko obesitas. 

Studi lain tentang capsaicin mengungkapkan konsumsi capsaicin meningkatkan pengeluaran energi sekitar 50 kkal perhari, dan ini akan menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan dalam 1-2 tahun.

Halaman:


Sumber T3
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.