Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Kopi Hitam Bantu Penurunan Berat Badan?

Kompas.com - 29/01/2021, 11:57 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Kopi adalah minuman pagi paling populer dikonsumsi di seluruh dunia. Faktanya, populasi global mengonsumsi lebih dari 160 juta kantong kopi dalam setahun. Selain mendongkrak energi, ngopi juga disebut membantu penurunan berat badan.

Kopi hitam adalah minuman yang baik untuk menurunkan berat badan, selama kamu meminumnya dalam jumlah sedang dan tanpa banyak gula tambahan.

"Kopi, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa terlalu banyak pemanis tambahan, dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan," kata Ashley Shaw, RD, ahli diet terdaftar di Preg Appetit.

Baca juga: 5 Manfaat Rutin Minum Kopi Hitam

Kopi mengandung nutrisi seperti niasin, kalium, magnesium, dan antioksidan - yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Minuman berwarna hitam ini juga mengandung kafein, yang meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, dan dapat meningkatkan penurunan berat badan. Nah, ketahui lebih dalam tentang minuman ini.

- Minuman rendah kalori
Penurunan berat badan dikaitkan dengan defisit kalori, yaitu saat kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar. 

Kopi hitam adalah minuman yang ideal untuk diminum untuk menurunkan berat badan karena mengandung kurang dari 5 kalori per porsi (satu cangkir 230 ml). Namun, kopi hanya bisa menjadi minuman rendah kalori jika diminum tanpa campuran.

"Sementara kopi hitam rendah kalori, ia dapat dengan cepat menjadi tinggi kalori, gula, dan lemak ketika susu dan gula yang berbeda ditambahkan ke dalamnya," kata Shaw.

Baca juga: Minum Kopi Sebelum atau Sesudah Olahraga, Mana Lebih Baik?

Ilustrasi minum kopishutterstock Ilustrasi minum kopi

- Kafein meningkatkan metabolisme

Metabolisme adalah proses di mana tubuh memecah nutrisi dan memanfaatkan kalori makanan sepanjang hari.

Kafein, stimulan yang ditemukan dalam kopi, adalah salah satu dari sedikit zat yang dapat meningkatkan laju metabolisme basal (BMR), atau yang dikenal sebagai proses pembakaran kalori, bahkan saat kamu beristirahat.

Metabolisme yang lebih tinggi atau lebih cepat memungkinkan tubuh untuk membakar lebih banyak kalori, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

"Ada semakin banyak penelitian tentang bagaimana konsumsi kopi dikaitkan secara positif dengan BMR, namun penting untuk diingat bahwa kita memetabolisme makanan dan minuman pada tingkat yang berbeda. Kopi dapat meningkatkan tingkat metabolisme satu orang tetapi tidak yang lain," kata Shaw.

Baca juga: Cara Mudah Tingkatkan Metabolisme Secara Alami

- Kafein dapat mengurangi rasa lapar

Nafsu makan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jenis makanan yang kamu makan, tingkat aktivitas fisik, dan hormon.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com