Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2021, 11:57 WIB

KOMPAS.com— Kopi adalah minuman pagi paling populer dikonsumsi di seluruh dunia. Faktanya, populasi global mengonsumsi lebih dari 160 juta kantong kopi dalam setahun. Selain mendongkrak energi, ngopi juga disebut membantu penurunan berat badan.

Kopi hitam adalah minuman yang baik untuk menurunkan berat badan, selama kamu meminumnya dalam jumlah sedang dan tanpa banyak gula tambahan.

"Kopi, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa terlalu banyak pemanis tambahan, dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan," kata Ashley Shaw, RD, ahli diet terdaftar di Preg Appetit.

Baca juga: 5 Manfaat Rutin Minum Kopi Hitam

Kopi mengandung nutrisi seperti niasin, kalium, magnesium, dan antioksidan - yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Minuman berwarna hitam ini juga mengandung kafein, yang meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, dan dapat meningkatkan penurunan berat badan. Nah, ketahui lebih dalam tentang minuman ini.

- Minuman rendah kalori
Penurunan berat badan dikaitkan dengan defisit kalori, yaitu saat kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar. 

Kopi hitam adalah minuman yang ideal untuk diminum untuk menurunkan berat badan karena mengandung kurang dari 5 kalori per porsi (satu cangkir 230 ml). Namun, kopi hanya bisa menjadi minuman rendah kalori jika diminum tanpa campuran.

"Sementara kopi hitam rendah kalori, ia dapat dengan cepat menjadi tinggi kalori, gula, dan lemak ketika susu dan gula yang berbeda ditambahkan ke dalamnya," kata Shaw.

Baca juga: Minum Kopi Sebelum atau Sesudah Olahraga, Mana Lebih Baik?

Ilustrasi minum kopishutterstock Ilustrasi minum kopi

- Kafein meningkatkan metabolisme

Metabolisme adalah proses di mana tubuh memecah nutrisi dan memanfaatkan kalori makanan sepanjang hari.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.