Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2021, 12:36 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak diragukan bahwa rutin berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun tahukah kamu bahwa berolahraga juga bisa mencegah osteoporosis dan manfaat tak terduga lainnya?

Selain manfaat kesehatan yang nyata, seperti meningkatkan kekuatan, menghilangkan lemak, dan meningkatkan kesehatan mental, ada manfaat lain yang jarang diketahui banyak orang tentang pentingnya melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Baca juga: Olahraga Cukup 11 Menit Sehari, Bisa Beri Umur Panjang, Benarkah?

Berikut adalah lima manfaat olahraga yang jarang diketahui orang:

1. Dapat membantu mengatasi nyeri kronis

Sekitar 20% orang dewasa AS mengalami nyeri kronis, menurut data CDC terbaru. Jika kamu adalah salah satu orang yang juga memiliki nyeri kronis pada titik tertentu di tubuh, olahraga teratur akan membantumu mengurangi rasa sakitnya.

Kombinasi kardio, relaksasi, peregangan, dan latihan kekuatan dapat membantu meredakan nyeri seiring waktu.

Studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Cochrane Reviews menyelidiki apakah olahraga membantu orang mengatasi nyeri kronis atau tidak.

Hasilnya didapatkan, "Ada beberapa bukti peningkatan fungsi fisik dan efek variabel pada fungsi psikologis dan kualitas hidup."

Namun, sebelum memulai berolahraga, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi kesehatanmu.

Baca juga: Tak Cuma Obesitas, Makanan Tinggi Lemak dan Gula Picu Nyeri Otot

2. Membantu mencegah osteoporosis

Olahraga dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan mengurangi pengeroposan tulang terkait usia, sekaligus mempertahankan massa tulang.

Tulang secara alami menjadi lebih lemah seiring bertambahnya usia, jadi tetap melakukan rutinitas olahraga yang teratur — sebaiknya minimal 30 menit setiap hari, selama tiga atau empat hari dalam seminggu — dapat membantu mendukung kesehatan tulang yang baik.

Olahraga bahkan dapat membantu mencegah osteoporosis, yakni, pengeroposan tulang yang ditandai rendahnya massa tulang dan hilangnya jaringan tulang atau kombinasi keduanya.

Baca juga: 7 Langkah demi Hindari Kerusakan Tulang di Usia Tua

3. Mencegah jatuh pada orang tua

Menurut CDC, aktivitas fisik multikomponen, yang mencakup berbagai jenis latihan termasuk  keseimbangan atau kekuatan otot, dapat membantu meningkatkan fungsi fisik. Hal ini pada akhirnya dapat menurunkan risiko jatuh atau cedera akibat jatuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com