Kompas.com - 29/01/2021, 12:36 WIB
Ilustrasi olahraga mengenakan masker shutterstockIlustrasi olahraga mengenakan masker

KOMPAS.com - Tidak diragukan bahwa rutin berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun tahukah kamu bahwa berolahraga juga bisa mencegah osteoporosis dan manfaat tak terduga lainnya?

Selain manfaat kesehatan yang nyata, seperti meningkatkan kekuatan, menghilangkan lemak, dan meningkatkan kesehatan mental, ada manfaat lain yang jarang diketahui banyak orang tentang pentingnya melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Baca juga: Olahraga Cukup 11 Menit Sehari, Bisa Beri Umur Panjang, Benarkah?

Berikut adalah lima manfaat olahraga yang jarang diketahui orang:

1. Dapat membantu mengatasi nyeri kronis

Sekitar 20% orang dewasa AS mengalami nyeri kronis, menurut data CDC terbaru. Jika kamu adalah salah satu orang yang juga memiliki nyeri kronis pada titik tertentu di tubuh, olahraga teratur akan membantumu mengurangi rasa sakitnya.

Kombinasi kardio, relaksasi, peregangan, dan latihan kekuatan dapat membantu meredakan nyeri seiring waktu.

Studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Cochrane Reviews menyelidiki apakah olahraga membantu orang mengatasi nyeri kronis atau tidak.

Hasilnya didapatkan, "Ada beberapa bukti peningkatan fungsi fisik dan efek variabel pada fungsi psikologis dan kualitas hidup."

Namun, sebelum memulai berolahraga, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi kesehatanmu.

Baca juga: Tak Cuma Obesitas, Makanan Tinggi Lemak dan Gula Picu Nyeri Otot

2. Membantu mencegah osteoporosis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X