Kompas.com - 29/01/2021, 17:16 WIB

KOMPAS.com - Makanan merupakan sumber energi kita untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Karena alasan ini, sebagian orang berpendapat sebaiknya kita jangan berolahraga dengan perut kosong.

Sebaliknya, ada juga yang berpendapat olahraga sebelum makan justru bisa mendapat hasil maksimal, terutama untuk membakar lebih banyak kalori.

Meliza Gilbert, TV Presenter dan instruktur di Strong Nation, menyebutkan sebenarnya tidak ada aturan yang baku tentang makan sebelum atau setelah olahraga.

"Tergantung metabolisme tubuh seseorang. Ada yang harus diisi dulu perutnya. Tapi kalau aku tidak biasa berolahraga setelah makan."

Demikian kata Melgib --sapaan akrab Meliza-- dalam program "Menjaga Kebiasaan Olahraga di Masa Pandemi" yang disiarkan live di akun Instagram @kompasgramedia, Jumat (29/1/2021).

Baca juga: Makan Sebelum Olahraga Bikin Sakit Perut, Mitos atau Fakta?

Namun, sebaiknya hindari makanan berat atau makanan dengan porsi banyak sebelum berolahraga.

"Cari camilan kecil seperti roti, protein bar, atau minum susu protein. Usahakan jangan makan dengan porsi terlalu besar. Setidaknya kita punya tenaga untuk berolahraga," katanya.

Sementara itu, Melgib mengaku mengonsumsi susu saat ia akan berolahraga di pagi hari.

"Susunya aku pakai susu protein, diblend sama buah-buahan seperti pisang atau buah naga, tergantung buah yang lagi musim apa."

Boleh "ngopi" sebelum berolahraga

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.