Kompas.com - 30/01/2021, 08:52 WIB

KOMPAS.com - Makanan cepat saji memang tampak sebagai pilihan praktis yang bisa disantap, terutama jika kamu adalah orang yang sibuk. Namun sayangnya, ada dampak negatif dari makanan cepat saji yang akan memengaruhi kesehatan.

Pasalnya, untuk menyajikan makanan dengan cepat, murah, dan konsisten, banyak restoran cepat saji berfokus pada proses dan efisiensi daripada menyajikan makanan yang berkualitas dan bergizi.

Namun, ahli diet Nancy Geib, RD, LDN mengatakan, sesekali menyantap makanan siap saji tidaklah masalah. Terlebih lagi, jika itu adalah pilihan satu-satunya.

Tetapi jika burger, kentang goreng, dan sandwich menjadi makanan utama dari pola makanmu, kebiasaan ini bisa berdampak serius pada kesehatan.

Pola makan yang tidak sehat meningkatkan kemungkinan terkena depresi, kanker, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi kronis lainnya.

Baca juga: Bahaya Junk Food yang Mengintai Kesehatan Kita

Apa yang dianggap makanan cepat saji?

Sejarah makanan cepat saji sudah ada sejak hampir seabad yang lalu, tetapi konsepnya benar-benar berkembang pesat selama tahun 1940-an dan '50-an.

Saat ini, sudah menjadi budaya pokok bahwa satu dari tiga orang Amerika makan makanan cepat saji setiap hari.

Di Indonesia sendiri, makanan cepat saji dari Amerika sudah menjamur dan menjadi salah satu pilihan masyarakat.

Untuk definisinya, makanan cepat saji adalah makanan yang diproses secara massal, diproduksi secara massal yang disiapkan dengan cepat - biasanya di atas panggangan, di penggorengan, atau di dalam microwave.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.