Kompas.com - 31/01/2021, 06:07 WIB
Ilustrasi minum kopi. SHUTTERSTOCKIlustrasi minum kopi.

KOMPAS.com - Minum kopi memang punya banyak manfaat kesehatan, namun jika diminum secara moderat.

Beberapa kebiasaan buruk, seperti minum terlalu banyak kopi setiap harinya atau sering minum kopi dengan gula tambahan, justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa orang memutuskan untuk berhenti minum kopi. Tapi, sebelum melakukannya, ketahui dulu beberapa hal yang mungkin terjadi pada tubuh jika kamu menghentikan kebiasaan minum kopi:

1. Sakit kepala
Tergantung dari berapa dosis kopi yang biasa kamu minum setiap harinya, namun kamu mungkin akan mengalami gejala penarikan ringan ketika berhenti minum kopi.

Gejala penarikan tersebut termasuk sakit kepala dan ini cukup umum terjadi.

Sebab, menurut WebMD, kafein dapat menyempitkan pembuluh darah di sekitar otak. Jadi, ketika kamu menghentikan konsumsi kopi, pembuluh darah tersebut akan membesar dan menyebabkan rasa sakit.

Baca juga: Jangan Remehkan Sakit Kepala yang Makin Berat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Kelelahan
Banyak orang menjadikan secangkir kopi sebagai bantuan untuk meningkatkan energi, ingatan, suasana hati, dan fungsi otak lainnya.

Berhenti minum kopi bisa jadi membuat suntikan energi menjadi berkurang, sehingga kamu mungkin akan merasa mudah lelah dan kurang bersemangat pada awalnya.

Meski begitu, tanpa kafein sebetulnya tubuh bisa bergantung pada fungsi tubuh lainnya untuk membantu kita tetap berenergi.

Tanpa kafein, kamu mungkin akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dan risiko kecemasan yang lebih rendah. Dua hal ini adalah pemicu rasa lelah pada tubuh.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Kelelahan Kronis Bisa Sebabkan Kematian

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X