Kompas.com - 01/02/2021, 10:41 WIB
Ilustrasi diet keto dan puasa shutterstockIlustrasi diet keto dan puasa

KOMPAS.com - Dalam membuat rencana diet untuk menurunkan berat badan, kita disarnkan untuk membuat daily dozen, yang berisi rangkuman daftar makanan dan kebiasaan yang sehat.

Daily Dozen awalnya diperkenalkan oleh seorang ahli nutrisi klinis, Dr Michael Greger, menyebutkan, daftar pola makan tersebut tidak saja dapat menurunkan berat badan, tetapi juga mencegah penyakit.

"Makan semua item dalam daftar dan tambahkan 1.250-1.500 kalori atau sekitar 500 kalori lebih sedikit daripada yang biasanya dimakan orang untuk menurunkan berat badan," katanya.

Daftar ini mendorong kita untuk lebih banyak makanan berbasis nabati. Greger membuat daftar makanan yang meminimalkan asupan daging, telur, susu, dan makanan olahan untuk memaksimalkan buah-buahan, sayuran, gandum utuh, kacang-kacangan, maupun biji-bijian.

Baca juga: Flexitarian, Metode Atur Pola Makan yang Menjadi Tren Positif di Tengah Pandemi

Dari daftar ini, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang masuk dalam daftar setiap hari. Tidak harus persis sama, karena ada juga alternatifnya jika kita sulit mendapatkan bahan makanan tersebut.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak 12 daftar rencana diet harian seperti yang dilansir dari laman Today berikut ini.

1. Kacang, 3 porsi

Kita membutuhkan segala macam kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong, kacang navy, kacang chickpea, dan sebagainya.

Kacang adalah sumber kekuatan yang baik karena mengandung serat, protein, zat besi, dan membantu kita untuk mudah merasa kenyang.

Contoh ukuran penyajian:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.