PickMe!
Merupakan konten afiliasi yang memberikan rekomendasi produk. Kami akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian Anda.

Perlu Tahu, Ini 6 Manfaat Luar Biasa Membaca Buku di Masa Pandemi

Kompas.com - 01/02/2021, 19:56 WIB
Ilustrasi membaca buku Jetta ProductionsIlustrasi membaca buku

KOMPAS.com – Aktivitas membaca buku sudah sejak lama diyakini memiliki banyak manfaat positif, seperti meningkatkan kecerdasan, menambah kosa kata, hingga membantu mempertahankan kinerja otak tetap prima.

Ternyata, selain manfaat-manfaat tersebut, membaca buku juga membawa dampak positif lain, apalagi ketika dilakukan selama pandemi ini. Berikut enam manfaat membaca buku.

1. Menghilangkan stres

Diberitakan laman weightwatchers.com, membaca buku bisa membantu menurunkan kadar hormon kortisol pemicu stres.

Hal tersebut juga dibuktikan lewat sebuah studi di Inggris. Dalam penelitian itu, partisipan diminta terlibat dalam aktivitas yang memicu kecemasan. Kemudian, mereka diminta untuk membaca selama beberapa menit, mendengarkan musik, atau bermain video game.

Penelitian itu menunjukkan, kelompok partisipan yang memilih aktivitas membaca menunjukkan penurunan tingkat stres hingga 67 persen. Angka itu jauh lebih tinggi dibandingkan kelompok yang memilih aktivitas lain.

2. Memberi motivasi

Peneliti di Ohio State University, Amerika Serikat menemukan, membaca juga memberi motivasi untuk menjalani hidup lebih baik.

Misalnya, ketika membaca buku yang menceritakan perjuangan seseorang dalam mengatasi hambatan.

Baca juga: 7 Hobi yang Populer Selama Pandemi, Ada Apa Saja?

Pembaca yang dapat mengidentifikasi karakter dan merasakan peristiwa yang dialami tokoh dalam buku tersebut berkesempatan besar untuk dapat mengambil pesan yang disampaikan.

3. Membangkitkan semangat

Membaca buku dengan akhir cerita bahagia dapat memompa kembali semangat. Selain itu, membaca juga dapat membangkitkan perasaan positif dengan cara lebih halus.

Pasalnya, kisah-kisah bahagia dalam cerita dapat menghubungkan dan membawa pembaca pada kenangan manis.

5. Berempati dan terhubung dengan orang lain

Cerita dalam buku seringkali dapat memberi pandangan yang mampu mengubah hidup pembacanya.

Menurut peneliti dari York University, Kanada, dengan memahami karakter dan cerita diyakini dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berempati atau memahami perasaan orang lain.

6. Membantu berhemat

Laporan yang dirilis Weight Watchers mengungkapkan, buku merupakan alternatif hobi yang bisa membantu seseorang berhemat dan menjadi melepas stres atau kejenuhan.

Hal itu karena, harga buku novel relatif murah butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikannya dibandingkan dengan menonton bioskop atau makan di restoran.

Selain itu, toko-toko buku juga sering kali memberikan diskon khusus untuk berbagai produk-produknya, seperti yang dilakukan Gramedia.com.

Dalam rangka menyambut ulang tahun ke-51, Gramedia.com menggelar diskon buku besar-besaran. Rangkaian promo ini berlangsung selama enam hari, yakni sejak Selasa, (2/2/2021) hingga Minggu, (7/2/2021).

Baca juga: HUT ke-51, Gramedia Tawarkan Diskon Buku hingga 90 Persen

Untuk memeriahkan acara tersebut, Gramedia.com memberikan sederet diskon menarik, mulai dari diskon 30 persen, 51 persen, 70 persen, hingga diskon 90 persen.

Diskon-diskon tersebut berlaku untuk berbagai kategori buku terpopuler, mulai dari buku parenting, buku masak, fiksi, dan nonfiksi.

Gramedia.com juga memberikan diskon hingga 70 persen untuk produk-produk non-buku.

Tak hanya itu, para pelanggan akan dimanjakan pula dengan program flash sale yang diselenggarakan setiap hari dengan harga produk mulai dari Rp 5.100.

Untuk informasi lengkap gebyar ulang tahun Gramedia ke-51, silakan kunjungi website Gramedia.com.

chat & buy

Tanya di sini Chat & buy.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya