Kompas.com - 02/02/2021, 06:12 WIB
Ilustrasi minum teh. SHUTTERSTOCKIlustrasi minum teh.

KOMPAS.com - Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, banyak orang memilih bersantai sejenak sambil minum secangkir teh atau kopi.

Namun, mana yang lebih baik untuk pagi hari, apakah teh atau kopi?

"Itu sebenarnya bergantung pada setiap orang," ungkap ahli gizi teregistrasi dan co-founder Culina Health, Tamar Samuels, seperti dilansir HuffPost.

Ia menambahkan, preferensi antara teh atau kopi lebih kepada reaksi tubuh terhadap masing-masing minuman, seperti halnya selera.

Perlu diingat bahwa setiap manfaat atau dampak negatif kesehatan yang timbul dari minum teh atau kopi berkaitan dengan kafeinnya.

Menurut Samuels, efek kafein dapat mulai terasa dalam waktu 45 menit setelah dikonsumsi dan dapat bertahan antara tiga hingga 10 jam, tergantung orangnya.

Keduanya mengandung kafein, tetapi dengan kadar yang berbeda.

Satu cangkir kopi hitam sekitar 240 ml mengandung sekitar 95 miligram kafein, sedangkan teh hitam dengan jumlah yang sama sama mengandung sekitar 48 miligram kafein.

Sementara secangkir teh hijau dengan jumlah yang sama mengandung sekitar 29 miligram.

Dengan contoh takaran ini, jelas bahwa efek kafein akan paling mudah dirasakan ketika minum secangkir kopi.

Halaman:


Sumber HuffPost
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X