Kompas.com - 04/02/2021, 12:28 WIB

KOMPAS.com - The Duchess of Cambridge, Kate Middleton, mungkin terlihat anggun dan sempurna sebagai anggota keluarga kerajaan.

Namun, Kate mengakui bahwa sebagai seorang ibu ia juga mengalami perjuangan berat dalam mengasuh tiga anaknya, Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis.

Tantangan juga dihadapi Kate di musim pandemi Covid-19 ini, misalnya ketika mengajari anak yang belajar di rumah.

Para ibu tak perlu khawatir, sebab Kate juga mengalami sejumlah masalah yang sama, lho.

Setidaknya ada empat masalah yang dialami Kate selama menjadi seorang ibu, yang juga dialami oleh kebanyakan ibu di luar sana, antara lain:

1. Terbebani sekolah di rumah
Perempuan kelahiran 9 Januari 1982 itu pernah mengungkapkan bahwa sekolah di rumah di masa pandemi sangatlah berat baginya. Keluhan yang sama seperti para ibu lain, bukan?

Dalam sebuah diskusi virtual bersama tiga orangtua murid dari Roe Green Junior School di Brent, Kate mengakui bahwa dirinya kelelahan.

Menurutnya, setiap hari orangtua memang punya tugas pengasuhan untuk membimbing anak-anaknya. Tetapi, momen pandemi baginya sangatlah berbeda.

Di masa pandemi, dirinya merasa orangtua jadi harus mengambil peran yang sebelumnya dilakukan oleh orang-orang lain.

"Di masa lockdown ini saya juga menjadi penata rambut, yang membuat anak-anak saya sepertinya ngeri melihat ibunya yang memotong rambut."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.