Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Penelitian, Rutin Minum Kopi Bisa Pengaruhi Fungsi Pendengaran

Kompas.com - 05/02/2021, 07:06 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Sudah bukan fakta baru bahwa kopi memberi banyak manfaat terhadap kesehatan, seperti menangkal penyakit hati, diabetes tipe 2, hingga meningkatkan harapan hidup.

Terbaru, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Autonomous University of Madrid mengungkapkan bahwa pria yang minum setidaknya satu cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko kehilangan pendengaran karena faktor usia.

Dilansir Independent, penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan data dari 37.000 orang di Biobank Inggris serta memantau asupan kopi dari 36.923 pria dan wanita paruh baya dan lebih tua selama 11 tahun.

Pendengaran para peserta diperiksa di awal penelitian, kemudian diperiksa kembali dua kali setelahnya dalam perjalanan penelitian.

Hasilnya dianalisa dengan memperhitungkan faktor kesehatan dan gaya hidup, seperti apakah peserta merokok atau banyak terpapar suara keras.

Para peneliti menemukan, risiko tersebut lebih rendah 15 persen pada pria yang minum satu hingga maksimal 4,5 cangkir kopi per hari.

Menurut mereka, efek tersebut kemungkinan disebabkan karena adanya sifat antioksidan dan anti-peradangan dalan secangkir kopi.

Tampaknya, manfaat yang didapatkaj tetap sama baik pada kopi berkafein maupun tampa kafein (decaffeinated), serta disaring atau pun tidak.

Sayangnya, penelitian tersebut tidak menemukan hubungan apapun antara rutinitas minum kopi dengan fungsi pendengaran pada wanita.

Tim peneliti menduga, alasannya adalah karena perbedaan fisiologi.

Kadar hormon estrogen yang bersirkulasi tinggi dapat melindungi seseorang dari gangguan pendengaran karena faktor usia.

Sementara wanita memiliki banyak hormon ini dalam tubuhnya, sehingga dampak pola makan terhadap pendengaran, dalam hal ini minum kopi, tidak terlalu relevan.

Sedangkan para pria memiliki kadar estrogen lebih rendah dalam tubuhnya, sehingga dampak pola makan, seperti minum kopi, akan lebih terasa jelas manfaatnya.

Baca juga: Sering Minum Kopi Bisa Memicu Heartburn, Begini Solusinya

Hindari konsumsi berlebih
Meski penelitian mengungkapkan manfaat minum kopi rutin terhadap fungsi pendengaran, namun Dr Marcos Machado-Fragua yang merupakan bagian dari tim peneliti, mengingatkan untuk tidak meminumnya secara berlebihan.

"Kopi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan dalam upaya untuk mencegah gangguan pendengaran, terutama bagi orang-orang yang memiliki masalah kesehatan terkait dengan konsumsi kafein," ungkapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com