Kompas.com - 05/02/2021, 11:45 WIB
Zenith Chronomaster Sport El Primero 2021 ZenithZenith Chronomaster Sport El Primero 2021
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Salah satu jam tangan yang sangat layak mendapat perhatian dalam acara LVMH Watch Week 2021 minggu lalu adalah Zenith Chronomaster Sport.

Bentuknya yang simpel namun indah serta kualitas mesin penggeraknya adalah alasan mengapa kita sebaiknya menengok jam tangan yang disebut-sebut mirip Rolex Daytona ini.

Tapi sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui kisah di balik pembuatan jam tangan ini.

Zenith membuat mesin jam yang disebut El Primero kaliber 400 pada tahun 1969. Ini adalah mesin yang luar biasa pada waktu itu karena merupakan mesin jam chronograph otomatis berfrekuensi tinggi pertama di dunia. Itulah sebabnya ia dijuluki El Primero atau yang pertama.

Mesin ini diakui oleh banyak merek, sehingga diadopsi pada jam tangan lain, di samping pada jam El Primero sendiri. Bahkan faktanya, secara teknis, Rolex Daytona awal yang dibuat antara 1988 dan 2000 berisi mesin El Primero 400 yang dimodifikasi.

Zenith Chronomaster Sport El Primero 2021Zenith Zenith Chronomaster Sport El Primero 2021
Zenith El Primero terkenal karena dua alasan. Pertama, ini adalah jam tangan yang pantas disebut ikonik bahkan di antara ikon yang memegang berbagai klaim penting dalam jajaran pembuatan jam tangan abad ke-20, karena menjadi chronograph otomatis pertama yang terintegrasi penuh.

Yang kedua adalah ketenaran El Primero sebagai sebuah mesin. Bahkan 19 tahun setelah dirilis pada tahun 1969, mesin ini masih andal, kuat, dan akurat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, Zenith Chronomaster Sport yang baru dirilis adalah keturunan El Primero, namun dengan mesin terbaru yaitu El Primero kaliber 3600 yang dapat mengukur dan menampilkan waktu hingga 1/10 detik.

Baca juga: Koleksi Jam Tangan Terbaru Bvlgari, Hublot, dan Zenith, Apa Saja?

Zenith Chronomaster Sport El Primero 2021Zenith Zenith Chronomaster Sport El Primero 2021
Dari segi desain, Chronomaster Sport merupakan evolusi dari elemen-elemen yang ada pada koleksi Zenith terdahulu, termasuk bezel hitam dan tombol gaya pompa dari jam tangan A277 yang dirilis tahun 1960-an.

Selain itu, subdial tiga warna, jarum jam, dan model tali jam mengacu pada seri A385 dan A386 dari tahun 1969; sementara desain casing dari El Primero De Luca tahun 1980-an.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.