Kompas.com - 05/02/2021, 14:25 WIB
Ilustrasi diet. SHUTTERSTOCKIlustrasi diet.

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan, atau yang oleh awam disebut diet, menjadi salah satu resolusi paling umum di setiap awal tahun.

Namun, baru satu bulan sejak pergantian tahun, sudah banyak orang yang gagal menjalankan resolusinya.

Mengapa resolusi diet kerap gagal? Mungkin, salah satu penyebab berikut adalah alasan diet kamu gagal, seperti dilansie CNET:

1. Mengejar hasil instan
Diet adalah sesuatu yang perlu dijalankan dalam jangka panjang.

Jika kamu memilih pendekatan jangka pendek atau mengejar hasil instan, maka tak heran jika yang kamu dapatkan adalah berat badan yo yo.

Maksudnya, ketika kamu menjalani pola diet yang menjanjikan hasil instan, seperti diet keto atau fad, kamu mungkin bisa menurunkan berat badan 5 kg lebih cepat daripada jika menggunakan rencana diet lain.

Misalnya, dua minggu awal kamu berhasil menurunkn banyak berat badan, tapi dua minggu kemudian berat badan lamamu kembali lagi.

Faktanya, bagi kebanyakan orang, pola makan seimbang yang masih melibatkan semua kelompok makanan cenderung paling baik untuk jangka panjang.

Bahkan, kamu juga masih bisa makan camilan favoritmu! Namun, tentunya dalam jumlah yang moderat.

Rekomendasi umumnya, setiap minggu rata-rata berat badan yang bisa kita turunkan adalalh 0,5 kg hingga 1 kg, bergantung pada berat badanmu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X