Kompas.com - 05/02/2021, 18:27 WIB
Ilustrasi wajah shutterstockIlustrasi wajah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak bisnis mengalami kesulitan sepanjang tahun 2020. Banyak industri mengalami kerugian, sebagian di antaranya bahkan terpaksa menutup usaha.

Meski begitu, tidak semua sektor terdampak negatif. Ada beberapa usaha yang justru menunjukkan pertumbuhan positif karena mereka tidak terlalu terpengaruh. Industri kosmetik adalah salah satunya.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal pertama tahun 2020, pertumbuhan industri kimia, farmasi, dan obat tradisional, termasuk sektor kosmetik, justru naik 5,59 persen.

Tahun 2021 ini bahkan diramalkan bahwa pasar kosmetik di Indonesia akan tumbuh 7 persen. Hal ini tidak lepas dari makin banyaknya orang yang sudah merasa nyaman berbelanja online untuk kosmetik.

Nah, dengan pertumbuhan sebesar itu, apa sajakah yang akan menjadi tren kosmetik, kecantikan, dan perawatan tubuh di tahun 2021?

Menurut PT Cosmax Indonesia, perusahaan yang membuat berbagai jenis kosmetik untuk banyak merek luar dan dalam negeri, tren itu bisa disimpulkan melalui SEMANGAT.

SEMANGAT adalah singkatan dari Serum, Eye point makeup, Maskne, Anti-bacteria, Non-transfer, Glow, Anti-sun, dan Transparent. Mari kita lihat masing-masing bagian dari tren itu.

Serum

Serum adalah salah satu produk kosmetik yang menjadi tren di Indonesia sejak tahun 2020. Serum disukai karena dianggap sebagai salah satu produk perawatan kulit yang efektif.

Serum wajah memang bekerja pada kulit dengan cara ajaib karena molekulnya dapat menembus lapisan kulit lebih dalam. Serum juga mengandung kadar zat aktif dibandingkan produk skin care lain, seperti pelembap dan krim biasa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X