Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Tren Produk Perawatan Tubuh dan Kosmetik Tahun Ini?

Kompas.com - 05/02/2021, 18:27 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak bisnis mengalami kesulitan sepanjang tahun 2020. Banyak industri mengalami kerugian, sebagian di antaranya bahkan terpaksa menutup usaha.

Meski begitu, tidak semua sektor terdampak negatif. Ada beberapa usaha yang justru menunjukkan pertumbuhan positif karena mereka tidak terlalu terpengaruh. Industri kosmetik adalah salah satunya.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal pertama tahun 2020, pertumbuhan industri kimia, farmasi, dan obat tradisional, termasuk sektor kosmetik, justru naik 5,59 persen.

Tahun 2021 ini bahkan diramalkan bahwa pasar kosmetik di Indonesia akan tumbuh 7 persen. Hal ini tidak lepas dari makin banyaknya orang yang sudah merasa nyaman berbelanja online untuk kosmetik.

Nah, dengan pertumbuhan sebesar itu, apa sajakah yang akan menjadi tren kosmetik, kecantikan, dan perawatan tubuh di tahun 2021?

Menurut PT Cosmax Indonesia, perusahaan yang membuat berbagai jenis kosmetik untuk banyak merek luar dan dalam negeri, tren itu bisa disimpulkan melalui SEMANGAT.

SEMANGAT adalah singkatan dari Serum, Eye point makeup, Maskne, Anti-bacteria, Non-transfer, Glow, Anti-sun, dan Transparent. Mari kita lihat masing-masing bagian dari tren itu.

Serum

Serum adalah salah satu produk kosmetik yang menjadi tren di Indonesia sejak tahun 2020. Serum disukai karena dianggap sebagai salah satu produk perawatan kulit yang efektif.

Serum wajah memang bekerja pada kulit dengan cara ajaib karena molekulnya dapat menembus lapisan kulit lebih dalam. Serum juga mengandung kadar zat aktif dibandingkan produk skin care lain, seperti pelembap dan krim biasa.

Menurut Rian Destiyani, Part-Leader Research and Development PT Cosmax Indonesia, ada dua bahan yang menjadi primadona produk serum di Indonesia, yaitu retinol dan peptide.

"Banyak brand lokal menciptakan inovasi menggunakan retinol, dan bahan ini sepertinya akan banyak ditemui pada produk di tahun 2021," ujar Destiyani dalam webinar mengenai produk kecantikan vegan, Jumat (29/1/2021).

Selain itu ada juga beberapa bahan yang akan menjadi tren dalam produk skincare di Indonesia, di antaranya ceramide, niacinamide, glycolic acid, hyalluronic acid, lactic acid, squalene, mugwort, dan bakuchiol.

PT Cosmax Indonesia sendiri sedang mengembangkan produk dari bakuchiol yang secara tradisional sudah digunakan dalam perawatan kulit di China dan dalam perawatan Ayurveda. Bakuchiol memiliki manfaat untuk memperbaiki kulit tanpa menimbulkan iritasi.

Selain itu, untuk perlindungan kulit, PT Cosmax juga memanfaatkan Swiss Alpine Rose, yang tumbuh di Pegunungan Alpen. Bunga yang tahan terhadap lingkungan yang keras ini rupanya juga memiliki kandungan yang melindungi kulit lewat antioksidannya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com