Kompas.com - 05/02/2021, 22:52 WIB
Ilustrasi kucing. PIXABAY/STOCKSNAPIlustrasi kucing.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kucing yang sedang tidur biasanya akan mendengkur secara lembut. Atau, di saat kita mengusap kepala atau menggendong hewan lucu itu, ia mungkin akan mengeluarkan suara dengkuran.

Ternyata, ada banyak alasan di balik dengkuran kucing, bergantung pada usia, tahap perkembangan, serta faktor lain yang dimiliki kucing peliharaan kita.

Hyunmin Kim, director of community medicine di The American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) menjelaskan alasan mengapa kucing mendengkur.

1. Naluri

"Anak kucing belajar mendengkur saat ia baru berusia beberapa hari. Mendengkur dimulai dari otak kucing," kata Kim.

"Sebuah 'osilator saraf' memberi sinyal gerakan otot laring yang membuka dan menutup glotis, mengakibatkan pemisahan pita suara dan suara mendengkur saat udara mengenai otot yang bergetar."

Glotis adalah bagian pangkal tenggorokan pada pita suara.

Susunan genetik kucing mencakup bagian tubuh yang diperlukan agar hewan tersebut dapat mendengkur saat akan berkomunikasi dengan induknya, menyembuhkan luka di tubuh, atau menunjukkan kepuasan.

Baca juga: 12 Tanda Kucing Bahagia dengan Pemiliknya

2. Bentuk komunikasi

Seperti sudah disebutkan di paragraf sebelumnya, kucing menggunakan dengkuran sebagai bentuk komunikasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X