Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Cemari Lingkungan, Ini Tips Aman Buang Masker

Kompas.com - 06/02/2021, 15:51 WIB
Maria Adeline Tiara Putri,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menumpuknya limbah masker sekali pakai merupakan persoalan serius yang tidak bisa diabaikan. Sampah masker yang dibuang sembarangan berpotensi menyebarkan virus. Selain itu, sampah juga bisa mencemari lingkungan.

Saat ini masker menjadi benda wajib yang harus dipakai saat keluar rumah. Artinya, semakin banyak orang yang memakai masker sekali pakai, semakin banyak pula sampah yang menumpuk.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), masker sekali pakai harus segera dibuang saat terasa lembap. Cara membuangnya pun tak bisa asal.

Pertama, bersihkan tangan terlebih dahulu. Kemudian lepaskan dari belakang telinga dengan cara melepas kaitan atau tali kepala.

Baca juga: Limbah Masker Sekali Pakai Ancam Habitat Hewan

Kemudian lipat masker tanpa menyentuh bagian depannya. Setelah itu, buang segera masker ke tempat sampah tertutup.

Terakhir, jangan lupa pastikan kebersihan. Cuci tangan dengan antiseptik berbasis alkohol atau sabun dan air.

Sementara itu, manajer kebijakan dan penelitian untuk Keep Wales Tidy mengatakan, organisasinya telah memerhatikan dampak penggunaan masker.

Organisasi asal Inggris itu menyadari jika masker dan sarung tangan sekali pakai banyak ditemukan di trotoar dan taman di seluruh wilayah Wales karena dibuang sembarangan.

Worldwide Wildlife Fund (WWF) juga melaporkan kekhawatirannya terkait pembuangan masker yang sembarangan.

Baca juga: Ramai soal Masker Wajah Abal-abal, Bagaimana Cara Membedakannya?

"Walau hanya 1 persen masker yang dibuang sembarangan, tetap saja akan mengakibatkan 10 juta masker per bulan mencemari lingkungan," ujar WWF seperti dikutip Independent.

Lebih lanjut dijelaskan, masing-masing masker memiliki berat sekitar 4 gram. Artinya masker bisa menambah lebih dari 40 ribu kilogram plastik di alam.

Ilustrasi mencuci masker kain.Shutterstock Ilustrasi mencuci masker kain.

Oleh karenanya, sangat penting untuk memastikan masker sekali pakai benar-benar terbuang di tempat sampah dan bukan di alam terbuka.

Apalagi ada kemungkinan masker bisa terlepas saat dipakai atau bahkan tidak sengaja jatuh. Pada akhirnya hal itu menyebabkan masker terbuang tidak pada tempatnya.

Menyikapi hal tersebut, Laura Riiska dari Keeping Tampa Bay Beautiful memberikan solusi yakni penggunaan tali pengikat atau lanyard.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Simak Tips Mencuci Masker yang Benar

Lanyard dapat membantu mencegah masker terlepas atau jatuh terbuang. Dengan begitu, masker tetap bisa dibuang pada tempatnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com