Kompas.com - 07/02/2021, 20:24 WIB
Ilustrasi menabung SHUTTERSTOCK/LOVEYDAY12Ilustrasi menabung
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menghemat uang bisa dilakukan dalam banyak hal, mulai membuka rekening tabungan khusus, melakukan investasi dengan bijak, serta membatasi pengeluaran sehari-hari.

Namun kita pasti mempunyai satu pertanyaan yang selama ini membuat penasaran. Adakah jumlah uang "ideal" yang harus disisihkan setiap bulannya dari gaji?

Menurut Colleen McCreary, chief people officer di Credit Karma, sebaiknya kita membagi keuangan berdasarkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek.

"Untuk mencari tahu berapa banyak uang yang harus ditabung setiap bulan, kita perlu memperjelas tujuan jangka pendek dan jangka panjang, dan memutuskan berapa uang yang harus dialokasikan masing-masing."

Kita dapat menabung untuk dana di hari tua setelah pensiun, namun memiliki tujuan dan jumlah uang yang jelas merupakan langkah bijak dalam menabung.

Baca juga: 4 Tips Mudah Hemat Uang Saat Sudah Punya Anak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

McCreary memberikan aturan dasar untuk memiliki tabungan tiga hingga enam bulan gaji dari total anggaran bulanan dalam bentuk tunai.

Sekarang, dengan adanya pandemi Covid-19 yang membuat situasi semakin tidak pasti, para ahli merekomendasikan agar kita mempunyai tabungan senilai sembilan bulan hingga satu tahun gaji.

Alangkah baiknya jika kita juga mempertimbangkan untuk menerapkan anggaran dengan cara 50/30/20.

McCreary menjelaskan bagaimana metode ini diterapkan. Menurut dia, kita sebaiknya membelanjakan 50 persen gaji untuk kebutuhan sehari-hari.

Kemudian, 30 persen gaji digunakan untuk membeli barang-barang yang diinginkan, dan 20 persen gaji disisihkan untuk menabung atau membayar hutang.

Baca juga: Cara Kelola Keuangan Agar Tak Kehabisan Uang di Masa Isolasi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.