Kompas.com - 08/02/2021, 10:57 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Walau saat ini memesan masakan di restoran sangat mudah, tetapi memasak sendiri di dapur memiliki kepuasan tersendiri. Selain itu, ada banyak manfaat dari hobi masak.

Selain lebih hemat dan lebih sehat, karena kita memilih sendiri bahan-bahan dan cara memasaknya, ternyata hobi masak juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental.

Berikut ulasannya seperti diungkap BBC.

1. Merasakan emosi positif

Mengumpulkan dan memotong bahan-bahan, menjadi kreatif dengan resep yang menantang, serta menguleni adonan, ternyata dapat membuat perasaan lebih baik.

Penelitian menunjukkan, menyelesaikan tugas-tugas kecil dan kreatif dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia. Bahkan walau hanya sekadar menyalakan mixer.

Baca juga: Gara-gara Pandemi, David Beckham Hobi Masak di Rumah

Dalam suatu penelitian, para peneliti menemukan orang dewasa memiliki lebih banyak emosi positif ketika melakukan kegiatan yang lebih kreatif. Contohnya menciptakan karya seni, membuat lagu, mengaransemen musik, menulis, dan memasak.

“Melakukan hal-hal yang segera membangkitkan emosi positif dapat membantu menenangkan jalur stres,” kata Nicole Farmer dari pusat klinis National Institutes of Health.

Dirinya mempelajari cara makanan memengaruhi biologi, perilaku, dan kesehatan mental. Dalam penelitiannya, Farmer melihat manfaat psikologis dan sosial dari kebiasaan memasak selama pandemi.

"Memasak mewakili pengalaman manusia yang sama tentang makanan, dan memeliharanya melalui makanan," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X