Kompas.com - 08/02/2021, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Dalam proses penurunan berat badan, salah satu hal yang sering gagal dilakukan adalah mengendalikan nafsu makan. Walau baru makan, tapi tak sampai satu jam perut sudah terasa lapar lagi.

Jika rasa lapar ini selalu dituruti, tak heran jika berat badan sulit turun, bahkan berujung pada obesitas, yang membahayakan tubuh kita.

Pada umumnya, kesulitan mengendalikan nafsu makan dapat dipicu oleh kebiasaan sehari-hari, seperti makan terlalu cepat, rasa stres dan bosan, atau makan sembari melakukan aktivitas lain.

Baca juga: 17 Cara Kurangi Nafsu Makan Berlebih untuk Turunkan Berat Badan

Nafsu makan dapat dikendalikan dengan mengonsumsi tiga suplemen, yaitu:

1. Probiotik

Usus adalah rumah bagi jutaan hingga miliaran mikroba yang berperan penting dalam kesehatan secara keseluruhan.

Beberapa dari mikroba yang ada di dalam tubuh terbukti memiliki cara untuk memberi tahu otak ketika mikroba tersebut sudah menerima nutrisi dalam jumlah cukup.

Sinyal pada otak juga memiliki peran penting dalam menghidupkan atau mematikan rasa lapar.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 125 pria dan wanita dengan kelebihan berat badan, setengah dari peserta diberi suplemen probiotik harian yang mengandung Lactobacillus rhamnosus. Sedangkan, setengah peserta lainnya diberi plasebo.

Baca juga: Probiotik Membantu Mengusir Sedih dan Gejala Depresi

Seluruh peserta menjalani program penurunan berat badan selama 12 minggu, dilanjutkan dengan program pemeliharaan 12 minggu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber LifeHack
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.