Kompas.com - 08/02/2021, 17:32 WIB
Ilustrasi buah dan sayuran sumber vitamin C Dok. Shutterstock/ Tatjana BaibakovaIlustrasi buah dan sayuran sumber vitamin C
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Gusi yang berdarah bisa terjadi karena kita menyikat gigi dengan cara yang salah atau terlalu keras. Gusi berdarah biasanya terkait dengan gingivitis.

Gingivitis merupakan tahap awal penyakit periodontal atau infeksi gusi yang ditandai dengan adanya peradangan dan kondisi kebersihan mulut yang buruk.

Namun, studi terbaru yang dimuat ke dalam Nutrition Reviews mengungkap bahwa gusi berdarah tidak bisa diatasi hanya dengan mengubah cara menyikat dan membersihkan gigi.

Guna mengatasi masalah tersebut, kita dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C.

"Kebersihan mulut itu penting, tetapi dengan gusi yang berdarah, kita menjadi lebih mudah untuk mencari tahu mengapa hal itu bisa terjadi," kata penulis utama studi, Philippe Hujoel, DDS.

Hujoel adalah dokter gigi dan profesor ilmu kesehatan mulut di University of Washington School of Dentistry.

"Karena nutrisi memegang peranan utama untuk kesehatan Anda, dan itu termasuk kesehatan mulut, kami melihat apakah kekurangan vitamin mungkin menjadi faktor gusi berdarah."

Bersama dokter gigi dan dua peneliti lain, Hujoel melakukan meta-analisis uji klinis yang mencakup asam askorbat, atau juga dikenal sebagai vitamin C.

Mereka berfokus melihat bagaimana kadar vitamin C yang rendah pada seseorang dapat memengaruhi pendarahan.

Baca juga: Jangan Sepelekan Gusi Berdarah, Kenali 5 Tandanya

Data diambil dari 15 uji coba yang dilakukan di enam negara, dengan lebih dari 1.000 peserta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.