Kompas.com - 10/02/2021, 06:00 WIB
. Dok. Shutterstock/Prostock-studio.

KOMPAS.com - Mungkin kita membayangkan, menjadi seorang atlet kadang dipenuhi dengan "siksaan".

Mereka harus bangun setiap pagi untuk berolahraga, dan tidur lebih awal. Pola makan pun diatur sedemikian ketat.

Terlepas dari pandangan itu, setidaknya kita dapat mencontoh aturan makan atau pola makan yang biasa diterapkan atlet profesional, demi kesehatan tubuh.

Baca juga: 7 Tips Pola Makan agar Jantung Tetap Sehat

Nutrition coach Dr Mike Molloy sudah banyak bekerja sama dengan berbagai atlet profesional, mulai dari atlet angkat besi hingga peselancar.

Molloy membantu para atlet menjaga asupan nutrisi agar mereka bisa mengeluarkan performa maksimal saat berlomba atau pun bertanding, namun sekaligus menikmati gaya hidupnya.

Ada tiga aturan dasar yang sebenarnya sederhana, terkait pola makan yang diterapkan para atlet, dan bisa menjadi contoh bagi kita untuk lebih peduli terhadap kesehatan. Apa saja ya?

1. Melakukan hal sederhana

Banyak orang mengira atlet profesional mengonsumsi semua jenis suplemen dan mengikuti aturan makanan tertentu, namun faktanya tidaklah demikian.

Rata-rata atlet berfokus melakukan hal sederhana, seperti mengonsumsi makanan berkualitas tinggi, diet seimbang, memenuhi kebutuhan protein, serta tetap terhidrasi dengan minum air putih.

"Tidak semua atlet profesional mempunyai koki pribadi untuk memasak makanan secara khusus," kata Molloy.

Baca juga: Jangan Campur Diet Mediterania dengan Pola Makan Barat, Kenapa?

Alih-alih memiliki koki profesional, seorang atlet biasanya melengkapi olahraga dengan membatasi makanan olahan, meminum banyak air putih, serta tidur nyenyak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.