Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Gaun Pengantin Cadangan Milik Putri Diana

Kompas.com - 10/02/2021, 09:54 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gaun pengantin ikonik Putri Diana tidak diragukan lagi menjadi yang paling terkenal sepanjang masa. Tetapi gaun tersebut bukanlah satu-satunya yang dibuat oleh desainernya untuk hari besar itu.

Elizabeth dan David Emanuel juga menyiapkan gaun cadangan kedua untuk berjaga-jaga jika ada yang tidak beres selama pesta pernikahan Diana dan Pangeran Charles pada Juli tahun 1981 silam.

Chloe Savage, yang membantu merancang gaun pengantin Kate Middleton dan Meghan Markle mengatakan, kemungkinan The Duchess memiliki gaun cadangan, meskipun dia tidak secara pribadi melihat atau mengerjakan gaun tambahan untuk Middleton atau Markle.

"Saya curiga selalu ada keadaan darurat, kalau-kalau ada yang merilis foto lebih awal," ungkapnya.

Baca juga: Pakai Gaun Pengantin Putri Diana, Emma Corrin Membuat Takjub

Konfirmasi mengenai gaun cadangan

Gaun cadangan yang mirip dengan yang dikenakan Diana di Katedral St. Paul, London, ternyata tidak pernah selesai. Gaun itu tidak menampilkan renda dan para desainer tidak menambahkan bordir apa pun.

"Itu baru selesai tiga perempat dan kami tidak punya waktu untuk membuatnya secara keseluruhan," kata Emanuel kepada Daily Mail pada 2017 lalu.

Diketahui, Diana bahkan tidak pernah mencoba gaun keduanya tersebut.

"Kami hanya ingin memastikan bahwa kami memiliki sesuatu di sana. Itu untuk ketenangan pikiran kami sendiri," terangnya.

Keluarga Emanuel juga membuat rok cadangan untuk gaun taffeta gading, kalau-kalau Diana menumpahkan kopi pada kreasi aslinya.

Baca juga: Putri Diana Ternyata Pernah Ingin Pernikahannya Dibatalkan

Namun, Emanuel mengaku dia tidak tahu di mana keberadaan gaun cadangan itu sekarang.

"Saya tidak tahu apakah gaun itu telah dijual atau disimpan. Waktu itu kami sibuk sekali. Tapi saya yakin suatu saat akan muncul lagi," ujarnya.

Putri Diana diabadikan saat mengenakan celana panjang motif kotak-kotak berwarna merah muda yang serasi dengan jumper merah muda dan kemeja putih. Hasil tangkap layar Evoke Putri Diana diabadikan saat mengenakan celana panjang motif kotak-kotak berwarna merah muda yang serasi dengan jumper merah muda dan kemeja putih.

Gaun pengantin yang bersejarah

Detail gaun pengantin Diana sangat rahasia, keluarga Emanuel bahkan tidak bisa menyewa penjahit tambahan.

Ibu dari kedua desainer membantu menciptakan gaun itu -yang menampilkan 10.000 payet mutiara dan train atau ekor pada gaun sepanjang 25 kaki- seperti yang dilakukan asisten studio dan ibu mereka.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com