Kompas.com - 10/02/2021, 17:28 WIB
Ilustrasi minyak kelapa ShutterstockIlustrasi minyak kelapa

KOMPAS.com – Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) belakangan ini disebut sebagai salah satu makanan super karena beragam manfaat positifnya bagi kesehatan.

Terlebih ketika kepedulian masyarakat terhaap kesehatan makin meningkat di masa pandemi ini, permintaan VCO ikut meroket.

Penelitian menyebut, salah satu manfaat VCO adalah sebagai antikuman. Hal ini karena 50 persen penyusun VCO adalah asam laurat, asam lemak jenuh yang dengan mudah disintesis oleh tubuh.

Ketika tubuh mencerna asam ini akan terbentuk monolaurin. Baik asam laurat atau monolaurin dapat membunuh kuman berbahaya seperti bakteri, virus, dan jamur.

Tak heran jika VCO termasuk dalam daftar 14 komponen herbal yang dianggap sebagai imunomodulator atau meningkatkan daya tahan tubuh pada pasien Covid-19, bersama dengan ekstrak daun jambu biji, jamu purwarupa, hingga minyak atsiri daun eucalyptus.

Baca juga: Manfaat Minyak VCO, Salah Satunya untuk Menurunkan Berat Badan Lho

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelebihan lain dari herbal ini adalah aman untuk ibu hamil dan anak-anak. Sehingga dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Meski demikian, menurut Komisaris PT Deva Oil Indonesia, produsen Concos VCO, Kusmiyati, pilih produk yang dibuat dari bahan berkualitas dan cara pengolahan yang tepat.

“Selalu pilih produk yang sudah terdaftar di Badan POM dan mendapat sertifikat halal,” kata Kusmiyati.

Concos Virgin Coconut OilDok Concos Concos Virgin Coconut Oil

Pembuatan

Minyak VCO adalah minyak yang dihasilkan dari daging kelapa tua yang masih segar. Proses pembuatannya juga menggunakan cara yang alami, tidak dipanaskan dengan suhu sangat tinggi, apalagi mencampur zat-zat kimia.

Baca juga: 5 Manfaat Memakai Minyak Kelapa untuk Kulit

Dengan cara tradisional, VCO bisa dibuat dengan memeras kelapa tua dan mengambil santannya.

Santan ini kemudian diproses lewat fermentasi, mencampur enzim tertentu, atau menggunakan mesin sentrifugal untuk memisahkan ampas kelapa, air, dan minyak bening yang dikenal sebagai minyak VCO.

Dengan cara yang lebih modern, minyak VCO dibuat dengan mengeringkan kelapa tua segar dengan mesin khusus. Kelapa kering itu kemudian dimasukkan ke dalam mesin tekan untuk diambil minyak beningnya.

“VCO Concos bisa diminum secara langsung, untuk memasak, atau dibuat dressing salad, karena memiliki warna yang jernih dan aromanya sangat lembut, tidak terasa di tenggorokan,” kata Kusmiyati.

Baca juga: Minyak Kelapa Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X