Kompas.com - 10/02/2021, 19:40 WIB
Ilustrasi pernikahan. PIXABAY/ Nihan Güzel Da?tanIlustrasi pernikahan.

KOMPAS.com - Saat ini penyedia jasa pernikahan Aisha Weddings menjadi viral di media sosial.

Cerita ini berawal ketika di situs resmi wedding organizer ditawarkan layanan menikah usia muda, dalam rentang usia 12-21 tahun.

Di samping layanan tersebut, Aisha Weddings juga memberikan layanan nikah siri dan poligami.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) lalu menanggapi beredarnya layanan menikah muda bagi wanita berusia 12-21 tahun yang ditawarkan Aisha Weddings.

Baca juga: 5 Kesalahan Sikap yang Bisa Merusak Perkawinan

Menurut keterangan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, ajakan tersebut tidak dibenarkan secara undang-undang.

Selain itu, iklan semacam itu pun jelas meresahkan masyarakat. "Perkawinan di usia muda akan memunculkan berbagai risiko bagi pasangan pengantin," tegas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Baik risiko yang berkaitan dengan kesehatan jasmani maupun psikologis. Begitu pun risiko bagi bayi yang akan lahir," sebut Hasto.

Hasto menambahkan, pernikahan di usia muda dapat berdampak pada tingginya angka kematian ibu, kematian bayi, serta rendahnya derajat kesehatan ibu dan anak.

Risiko kesehatan pada seseorang yang menikah di usia dini diperkuat oleh bukti ilmiah.

Sebuah penelitian mengungkap, anak perempuan berusia 10-14 tahun memiliki kemungkinan meninggal lima kali lebih besar selama proses kehamilan atau melahirkan, dibandingkan perempuan berusia 20-25 tahun.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X