Kompas.com - 11/02/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi keluarga sedang menikmati mi sajian khas Imlek. UNSPLASH/GALEN CROUTIlustrasi keluarga sedang menikmati mi sajian khas Imlek.

KOMPAS.com - Setiap tahunnya, kita melihat ada berbagai macam hidangan khas Imlek yang masing-masingnya punya makna tersendiri.

Makanan keberuntungan disajikan khususnya pada malam Imlek dan diyakini dapat membawa keberuntungan untuk setahun ke depan.

Makna keberuntungan dari setiap makanan sebetulnya tergambar lewat bentuk setiap makanan. Tak hanya tampilannya saja, tapi cara penyajian dan makannya pun penting untuk diperhatikan.

Berikut beberapa makanan khas Imlek yang biasa disajikan dan maknanya:
1. Ikan
Menurut China Highlights, ikan adalah salah satu hidangan simbolis terpenting untuk Tahun Baru Imlek.

Pelafalan "ikan" dalam bahasa Mandarin dan banyak dialek lainnya adalah "", yang pengucapannya sama dengan kata "sisa (berlebih)".

Orang-orang China selalu suka dengan kelebihan atau surplus di akhir tahun.

Sebab, jika mereka bisa menyimpan sesuatu di akhir tahun, mereka bisa memperoleh lebih banyak di tahun berikutnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara makan dan penyajiannya juga penting.

Ikan harus menjadi hidangan terakhir dengan sedikit sisa, karena ini memiliki homofobik yang menguntungkan.

Ini dilakukan di utara Sungai Yangtze, sementara di daerah lain kepala dan ekor ikan tidak boleh dimakan sampai awal tahun, yang menunjukkan harapan bahwa tahun akan dimulai dan diakhiri dengan surplus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X