Kompas.com - 11/02/2021, 13:06 WIB
Ilustrasi minum kopi. PEXELS/BURSTIlustrasi minum kopi.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sekali lagi, bukti ilmiah menunjukkan manfaat secangkir kopi bagi kesehatan kita.

Menurut temuan terbaru, meminum satu cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko gagal jantung. Jika kopi yang diminum semakin banyak, risiko gagal jantung menjadi semakin rendah.

Temuan penelitian itu diterbitkan di jurnal American Heart Association pada 9 Februari.

Para peneliti meninjau data dari tiga penelitian, termasuk 21.000 peserta dewasa selama 10 tahun.

Data dari dua studi menunjukkan, setiap cangkir kopi berkafein yang diminum peserta dalam satu hari dikaitkan dengan risiko gagal jantung 5-12 persen lebih rendah, dibandingkan peserta yang tidak minum kopi.

Sedangkan studi ketiga menemukan, risiko gagal jantung 30 persen lebih rendah pada peserta yang minum dua cangkir kopi sehari.

Menariknya, kopi tanpa kafein tidak memiliki manfaat yang sama, dan salah satu penelitian mengaitkan kopi non kafein dengan risiko gagal jantung yang lebih tinggi.

Baca juga: Rutin Minum Kopi Turunkan Risiko Kematian, Apa Sebabnya?

Dari studi tersebut terlihat, kafein pada kopi memegang peran penting terhadap kesehatan jantung.

Hal itu dikatakan Dr David Kao, asisten profesor kardiologi di University of Colorado School of Medicine. Kao adalah penulis senior studi tersebut.

"Hubungan antara kafein dan pengurangan risiko gagal jantung mengejutkan," kata Kao.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X