Kompas.com - 11/02/2021, 15:57 WIB
Ilustrasi kolesterol marekuliaszIlustrasi kolesterol

KOMPAS.com - Sudah menjadi pemahaman umum bahwa kadar kolesterol darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan sirkulasi darah yang buruk.

Sehingga, memantau kadar kolesterol dalam darah merupakan upaya pencegahan dari sederet ancaman penyakit tersebut.

Jika kita mencari informasi dengan kata kunci "cara menurunkan kolesterol" di Google, maka saran yang paling umum muncul adalah "kurangi lemak jenuh".

Baca juga: Kolesterol Tinggi di Dalam Makanan Tidak Perlu Dicemaskan, Benarkah?

Namun, sebenarnya ada cara yang lebih mudah dipahami dan tergolong sederhana, demi menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

1. Kurangi gula

Cobalah untuk mengurangi gula, menghentikan minum soda, dan minuman buah yang mengandung high fructose corn syrup (HFCS), dan juga teh manis.

Lalu, kurangi karbohidrat olahan seperti kue, sereal manis, dan permen.

Langkah ini adalah cara termudah untuk menurunkan kolesterol karena makanan dan minuman manis sangat mudah dikenali dalam pola makan kita.

Plus, mengurangi gula bakal menawarkan motivasi ekstra untuk menurunkan berat badan dan kontrol gula darah yang lebih baik.

Di sisi lain, diet tinggi gula berpengaruh pada jumlah lipid. Sebuah studi dalam Journal of American Medical Association membuktikan dasar imbauan ini.

Baca juga: 3 Penyebab Utama Kolesterol Tinggi, Sudah Tahu?

Disebutkan, ketika orang meningkatkan konsumsi gula, maka  kadar HDL mereka (kolesterol "baik") akan turun dan trigliserida (lemak darah yang terkait dengan penyakit kardiovaskular) akan naik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X