Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Emas" dari Afrika yang Membuat Kulitmu Sehat dan Bercahaya

Kompas.com - 11/02/2021, 18:58 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Di Burkina Faso, Afrika, emasnya para perempuan bukanlah berwujud logam, melainkan berupa shea butter. Mereka secara tradisional menggunakan shea butter yang diambil dari biji pohon shea untuk melindungi kulit dari panasnya matahari, sekaligus mengatasi sunburn.

Kini, shea butter disebut-sebut sebagai salah satu bahan yang paling efektif untuk melembapkan kulit dengan kandungan asam lemaknya yang mudah meresap dan mencegah kulit menjadi kering.

Shea butter juga membuat kulit lebih kenyal dan padat karena berkhasiat menghalangi kerusakan serat kolagen dalam kulit. Bahan ini bahkan dipakai untuk mengurangi bekas luka, eksim, stretch mark, dan kerutan karena mampu menghentikan terbentuknya jaringan parut.

Kandungan antioksidan shea butter juga berperan dalam membantu pembentukan sel kulit baru dan mengurangi sel-sel kulit mati, serta melindungi sel kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan membuat kulit menjadi kusam.

Hanya para perempuan yang memanen biji shea dan mengolahnya menjadi butter di Burkina Faso. Sudah sejak tahun 1980-an, mereka menjalin hubungan dengan L'Occitane, brand perawatan tubuh asal Prancis, yang menggunakan shea butter dalam produknya.

Kerjasama yang mulanya dilakukan bersama belasan perempuan itu kini sudah meluas hingga melibatkan lebih dari 10 ribu orang.

Hal ini membantu kehidupan para perempuan di negara yang tergolong miskin tersebut, sehingga menjadikan mereka sebagai bagian penting dalam pertumbuhan ekonomi dan sosial di sana.

Produk shea butter terbaru dari L'OccitaneL'Occitane Produk shea butter terbaru dari L'Occitane
Adapun tahun ini L'Occitane merilis produk shea butter dengan aroma baru yakni fruity musk, dalam kemasan indah yang dihiasi bentuk daun shea serupa pancaran sinar matahari.

Aromanya memunculkan kesegaran paduan antara grapefruit, orange, dan bergamot di awal, lalu akan tercium aroma jahe dan mangga, dan berangsur tercium wangi peach dan musk.

Produk dengan aroma "kegembiraan" ini terdiri dari shower cream, ultra light body cream, dry skin hand cream, dan ultra rich body cream.

Shower cream shea butter adalah sabun dalam bentuk krim untuk membersihkan tubuh sekaligus menjaga keseimbangan alami kulit. Aroma citrusnya yang segar dan kelembutan shea memberikan rasa nyaman dan meningkatkan mood.

Sedangkan ultra light body cream yang mengandung 5 persen shea butter adalah krim dengan tekstur yang terasa ringan di kulit. Krim ini membantu menutrisi kulit sehingga terasa lembut dan nyaman.

Produk selanjutnya berupa hand cream yang juga memiliki aroma kegembiraan dari citrus. Kandungan shea butter 20 persen membuatnya cocok untuk melindungi dan melembapkan kulit.

Sementara ultra rich body cream adalah produk dengan kandungan shea butter tertinggi, yakni 25 persen. Produk ini membantu menutrisi kulit, melindungi dari kekeringan, sekaligus melembapkan dan menghidrasi hingga 72 jam.

Dengan segala manfaat dan aroma menyenangkan produk ini, shea butter --emas para wanita dari Burkina Faso-- akan semakin berkilau di kulitmu.

Baca juga: Kisah Persahabatan LOccitane dengan Perempuan Burkina Faso

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com