Kompas.com - 11/02/2021, 18:58 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di Burkina Faso, Afrika, emasnya para perempuan bukanlah berwujud logam, melainkan berupa shea butter. Mereka secara tradisional menggunakan shea butter yang diambil dari biji pohon shea untuk melindungi kulit dari panasnya matahari, sekaligus mengatasi sunburn.

Kini, shea butter disebut-sebut sebagai salah satu bahan yang paling efektif untuk melembapkan kulit dengan kandungan asam lemaknya yang mudah meresap dan mencegah kulit menjadi kering.

Shea butter juga membuat kulit lebih kenyal dan padat karena berkhasiat menghalangi kerusakan serat kolagen dalam kulit. Bahan ini bahkan dipakai untuk mengurangi bekas luka, eksim, stretch mark, dan kerutan karena mampu menghentikan terbentuknya jaringan parut.

Kandungan antioksidan shea butter juga berperan dalam membantu pembentukan sel kulit baru dan mengurangi sel-sel kulit mati, serta melindungi sel kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan membuat kulit menjadi kusam.

Hanya para perempuan yang memanen biji shea dan mengolahnya menjadi butter di Burkina Faso. Sudah sejak tahun 1980-an, mereka menjalin hubungan dengan L'Occitane, brand perawatan tubuh asal Prancis, yang menggunakan shea butter dalam produknya.

Kerjasama yang mulanya dilakukan bersama belasan perempuan itu kini sudah meluas hingga melibatkan lebih dari 10 ribu orang.

Hal ini membantu kehidupan para perempuan di negara yang tergolong miskin tersebut, sehingga menjadikan mereka sebagai bagian penting dalam pertumbuhan ekonomi dan sosial di sana.

Produk shea butter terbaru dari L'OccitaneL'Occitane Produk shea butter terbaru dari L'Occitane
Adapun tahun ini L'Occitane merilis produk shea butter dengan aroma baru yakni fruity musk, dalam kemasan indah yang dihiasi bentuk daun shea serupa pancaran sinar matahari.

Aromanya memunculkan kesegaran paduan antara grapefruit, orange, dan bergamot di awal, lalu akan tercium aroma jahe dan mangga, dan berangsur tercium wangi peach dan musk.

Produk dengan aroma "kegembiraan" ini terdiri dari shower cream, ultra light body cream, dry skin hand cream, dan ultra rich body cream.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.