Kompas.com - 13/02/2021, 19:30 WIB
Ilustasi hewan peliharan di rumah, anjing dan kucing. SHUTTERSTOCK/New AfricaIlustasi hewan peliharan di rumah, anjing dan kucing.

KOMPAS.com - Bukan menjadi rahasia lagi jika produk beraroma memiliki banyak manfaat. Mulai dari mengubah suasana hati hingga membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Namun karena kucing dan anjing memiliki hidung yang sensitif, beberapa produk wewangian dapat merusak indra penciumannya.

Meski demikian, penting untuk diingat, bahwa tidak semua barang beraroma menyebabkan masalah.

Seorang dokter hewan di San Francisco, Wailani Sung mengatakan, ada konsentrasi bahan yang dapat membuat hewan peliharaan mengalami iritasi, keracunan, atau efek samping lainnya.

Baca juga: Mungkinkah Anjing Menulari dan Ditulari Covid-19?

Faktanya, sebagian besar wewangian tidak akan meracuni anjing atau kucing dalam waktu singkat, selama produk tersebut dipakai dalam ukuran yang tidak berlebihan.

Tetapi, tentu saja ada jenis hewan peliharaan yang sensitif terhadap bahan kimia dan mungkin bermasalah dengan paparan singkat.

"Jika hewan peliharaan tidak ingin mendekat dengan kita di kamar yang beraroma, itu artinya hewan tersebut sedang mengirimi pesan tentang wewangian pilihan kita."

Begitu dikatakan pendiri Juniper Valley Animal Hospital, Matthew McCarthy.

Wewangian parfum mungkin beracun

Menghirup wewangian seperti parfum, dupa, dan penyegar udara dapat menyebabkan iritasi mata, hidung, serta meningkatkan masalah pernapasan pada hewan peliharaan.

Baca juga: Anjing Terus Menggonggong, Apa yang Harus Dilakukan?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Popsugar
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.