Kompas.com - 14/02/2021, 09:40 WIB
Ilustrasi pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh. PEXELS/VJAPRATAMAIlustrasi pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh.

KOMPAS.com - Cokelat dan bunga sering kali dijadikan hadiah klasik saat hari Valentine. Kendati demikian, rasanya tetap saja bahagia ketika pasangan memberikan hadiah tersebut.

Menurut studi kecil yang dilakukan oleh Bloom & Wild ada alasan khusus yang membuat cokelat dan bunga dijadikan hadiah untuk hari Valentine.

Bekerja sama dengan School of Human Sciences di London Metropolitan University, layanan pengiriman bunga di Inggris itu menemukan secara harfiah, bunga dan cokelat membuat seseorang merasa dicintai.

Tim peneliti melakukan analisis terhadap air liur 30 sukarelawan yang menerima hadiah cokelat dan bunga.

Baca juga: Mengapa Hari Valentine Identik dengan Cokelat?

Dalam studi tersebut, ada tiga sampel air liur yang digunakan yakni sebelum menerima hadiah, serta 10 menit dan 30 menit setelah menerima hadiah.

Dari hasil analisis, secara alami cokelat dan bunga dapat meningkatkan kadar oksitosin atau hormon cinta. Hasil studi terhadap 30 sukarelawan ini dipublikasikan di jurnal Neuroscience.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil studi Bloom & Wild cocok dengan banyak penelitian lain yang mengklaim bahwa cokelat dan bunga mendatangkan emosi positif.

Misalnya, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evolutionary Psychology pada 2007 menemukan, bunga secara alami dapat meningkatkan suasana hati.

Penemuan oleh tim peneliti dari Rutgers University itu didasarkan pada serangkaian studi buta yang dilakukan di tahun 2005. Ketika itu, partisipan dibagi menjadi tiga bagian yang masing-masing mendapat karangan bunga, lilin hias, dan sekeranjang buah.

Partisipan yang mendapat karangan bunga menanggapi pemberiam dengan senyuman yang menyentuh hati, melibatkan mulut, pipi, dan mata.

Baca juga: Dari Romantis hingga Lucu, Ini Kalimat yang Cocok untuk Pasangan Saat Valentine

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.