Kompas.com - 14/02/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi bercinta. PEXELS/ANDREA PIACQUADIOIlustrasi bercinta.

KOMPAS.com - Mempertahankan rumah tangga agar tetap utuh selama bertahun-tahun bukan hal mudah. Butuh usaha keras di antara pasangan agar pernikahannya tetap harmonis.

Ada anggapan salah satu cara mempertahankan rumah tangga adalah dengan rutin bercinta. Bercinta diyakini dapat membantu pasangan suami istri tetap saling mencintai.

Namun benarkah demikian? Seksolog Zoya Amirin, M.Psi., FIAS, menyebutkan, bercinta memang bisa terus menumbuhkan rasa cinta di antara pasangan asalkan ada keintiman di dalamnya.

"Bercinta bisa membuat rasa cinta dipelihara kalau ada intimacy seperti berpegangan tangan, berpelukan, sentuhan, berciuman."

Demikian kata Zoya dalam webinar 'Apa Perlu Bercinta, Biar Cinta?' yang diselenggarakan Fiesta Condoms, Minggu (14/2/2020).

Baca juga: 5 Cara Bangkitkan Gairah Istri yang Enggan Bercinta

Dirinya menambahkan, menurut Robert J Sternberg ada tiga komponen utama yang harus diperhatikan terkait jatuh cinta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikenal dengan nama The Triangular Theory of Love, tiga komponen itu adalah intimacy (keintiman), passion (gairah), dan komitmen.

Keintiman menimbulkan perasaan kedekatan, keterhubungan, dan keterikatan di dalam hubungan cinta. Termasuk perasaan yang menimbulkan pengalaman kehangatan.

Kemudian gairah mengarah pada romansa, ketertarikan fisik, penyempurnaan seksual, dan fenomena terkait dalam hubungan cinta.

Sedangkan untuk komitmen ada dua. Dalam jangka pendek menyangkut keputusan mencintai satu sama lain. Lalu dalam jangka panjang keinginan mempertahankan cinta tersebut

Baca juga: Saran Psikolog untuk Mempertahankan Pernikahan di Ambang Perceraian

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.