Kompas.com - 15/02/2021, 14:17 WIB
Witch hazel. UNSPLASH/LAURA OCKELWitch hazel.

KOMPAS.com - Banyak dari kita yang mungkin sudah sering mendengar bahan produk kecantikan yang disebut witch hazel.

Meski begitu, mungkin belum semua mengetahui apa manfaatnya dan mengapa sering dijadikan bahan produk untuk jerawat.

Menurut Healthline, ada berbagai jenis witch hazel, namun Hamamelis virginiana adalah yang paling sering digunakan dalam pengobatan tradisional di Amerika Serikat.

Daun dan kulit kayunya kerap dibuat menjadi teh dan salep.

Bahan ini paling sering diaplikasikan ke kulit dan kulit kepala karena punya kemampuan untuk meredakan peradangan dan menenangkan kulit yang sensitif.

Tapi, witch hazel juga bisa ditambahkan ke dalam teh herbal dan dicerna secara oral dalam jumlah kecil sebagai pengobatan alami untuk kondisi lain.

Karena punya sifat anti-peradangan yang kuat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa witch hazel dapat dimanfaatkan untuk pengobatan jerawat.

Witch hazel bertindak sebagai astringen, membuat jaringan berkontraksi untuk membantu mengecilkan pori-pori, sekaligus menenangkan kulit sambil meredakan peradangan.

Witch hazel juga diyakini dapat mencegah bakteri penyebab jerawat menginfeksi kulit.

Untuk itulah witch hazel kerap ditambahkan ke banyak produk jerawat yang dijual bebas dan dapat digunakan oleh individu dengan kulit berminyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X