Kompas.com - 15/02/2021, 15:15 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di masa pandemi ini sebagian besar dari kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dibanding sebelumnya. Ini berarti kulit kita tidak terpapar sinar matahari dan polusi secara berlebihan.

Namun mungkin ada diantara kita yang bertanya-tanya, mengapa kulit tetap berjerawat atau kusam, meski lebih terlindungi karena berada di dalam rumah?

Menurut dermatolog Claudia Christin, MBBS, Dermatology Ph.D., berada di rumah pun bisa memunculkan masalah pada kulit.

"Kulit bisa menjadi kering karena berada di ruang AC terus menerus, jadi lebih mudah iritasi, mudah kemerahan dan lainnya," ujar Claudia dalam virtual event bertema ‘Powered by YOU’, yang diselenggarakan The Body Shop Indonesia, Kamis (11/2/2021).

Selain itu, saat di rumah kita jadi lebih banyak melakukan kegiatan lewat komputer atau ponsel. Nah, cahaya dari gadget yang disebut blue light juga akan memengaruhi kulit seperti halnya sinar ultraviolet.

"Blue light memunculkan efek secara akumulatif, jadi tidak langsung, tapi lama-lama bisa terjadi hiperpigmentasi atau munculnya noda atau bercak-bercak di kulit," ujar Claudia.

Dikatakan Claudia, cara terbaik mengurangi efek blue light adalah dengan mengurangi penggunaan gadget. Tetapi bila hal tersebut tidak memungkinkan, kita juga bisa meminimalkan dampaknya dengan memakai skincare yang kaya antioksidan.

"Perawatan kulit menggunakan produk skincare harus tetep rutin dilakukan meskipun WFH. Perawatan ini termasuk membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit," jelasnya.

Masalahnya, saat berada di rumah, kita cenderung tidak ingin repot dengan rutinitas perawatan. Banyak orang mencari perawatan yang mudah dan bisa dengan cepat dilakukan.

Salah satu produk yang mudah diterapkan untuk melembapkan dan melindungi kulit adalah face mist. Pemakaian face mist yang tinggal semprot membuatnya lebih praktis dan cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.