Kompas.com - 15/02/2021, 17:12 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi

KOMPAS.com - Memasuki usia 30 tahun itu rasanya babak baru dalam kehidupan dimulai dan kita sudah memperhatikan beberapa hal yang berubah pada tubuh. Yang paling jelas terlihat adalah perubahan pada kulit.

Setelah usia 30, kita mungkin akan mengalami lebih banyak kekeringan dan iritasi daripada sebelumnya. Apalagi, jika muncul bintik-bintik aneh yang muncul entah dari mana asalnya.

Ketika kulit mulai terasa rusak, kita dapat membuat beberapa penyesuaian sederhana pada perawatan kulit untuk menyinkronkan semuanya.

Nah, berikut ini terdapat masalah dan perubahan kulit yang akan terjadi di saat usia kita 30 tahun dan solusi yang paling cocok untuk merawatnya, seperti yang dilansir laman Self.

Baca juga: Usia 30 Tahun Belum Menikah? Bukan Masalah

1. Kusam

Pergantian sel kulit akan melambat sejak usia 20-an. Pada saat kita mencapai usia kepala tiga, sel-sel baru akan terlihat setiap 28-35 hari, padahal sebelumnya berubah setiap 14 hari atau lebih ketika usia kita lebih muda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini berarti sel-sel mati mulai menumpuk di permukaan kulit dan mengganggu refleksi cahaya," kata direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Medical Center, Joshua Zeichner, M.D.

"Ini sering kali ditandai dengan hilangnya pancaran atau wajah yang mulai terlihat kusam," sambung dia.

Zeichner menyarankan agar kita melakukan eksfoliasi dua kali seminggu. Sebab, sel-sel kulit tidak terlalu sering diperbarui, sehingga kita dapat membersihkan sel-sel kulit mati ini secara manual untuk menampilkan sel kulit yang lebih baru dan lebih cerah.

Baca juga: 6 Tips Perawatan Kulit Anti Kusam ala Kim Soo Hyun

Eksfoliasi (pengelupasan) tidak hanya membuat kulit lebih bercahaya, tetapi juga membantu memastikan skincare terserap lebih dalam.

Halaman:


Sumber SELF
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.